3 Desa di Kecamatan Tanawawo Keluhkan Belum Nikmati Listrik

KBRN, Ende: Hingga saat ini sebanyak 3 desa yakni Kampung Ndoko, Detu Duli dan Wolowaru di Desa Bu Selatan, Kecamatan Tanah Wawo, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) belum menikmati penerangan listrik.

Demikian disampaikan Camat Tanawawo Kabupaten Sikka, Jackob Oktavianus Florino, kepada RRI dalam Lintas Ende Pagi, Senin (04/07). Dia mengatakan selain karena tidak memiliki anggaran untuk penyediaan tiang listrik, kondisi geografis atau akses jalan yang sulit dijangkau juga menjadi alasan utamanya. Sehingga masyarakat beberapa desa hingga saat ini belum bisa dijangkau oleh pihak PLN. Total kepala keluarga yang belum menikmati aliran listrik ini sebanyak 150 KK.

"Namum juga upaya pemerintah Kabupaten Sikka, melalui bapak Bupati sudah memberikan ruang bahwa ada pemasangan listrik gratis untuk meteran rumah, namum kendalanya itu tadi bahwa aksesnya agak susah,"lanjut Jackob

Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dan bersurat kepada PLN Kabupaten Sikka. Selain itu, masyarakat juga bersedia untuk mengumpulkan sejumlah dana untuk biaya instalasi dan pemasangan meteran, sambil menunggu jaringan listriknya yang hingga saat ini belum tersedia.

Dia berharap agar pihak PLN, rutin melakukan survei khususnya didesa terpencil, sehingga memberikan kepastian kepada masyarakat, minimal pemangasangan tiang listrik menuju dusun yang belum sama sekali mendapatkan jaringan listrik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar