Pasar Akhir Pekan di Sikka, Moment Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi

Kegiatan Pengkaplingan Lokasi bagi peserta Pasar Akhir Pekan (PAP) di Areal Monumen Tsunami Maumere

KBRN, Ende : Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Sikka akan membuka Pasar Akhir Pekan (PAP) di pusat pertokoan Maumere. PAP ini dibuka dengan tujuan untuk menghidupkan kembali suasana Kota Maumere paska Covid 19 dan geliat perekonomian masyarakat. Pasar Akhir Pekan akan dilaksanakan sepanjang Jalan Raja Centis dari Depan Kedai Bakso Malvinas sampai Monumen Tsunami termasuk Jalan Depan UD Santi. Kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 2 Juli 2022 dan seterusnya. Tiap hari Jumad dan Sabtu dari Jam 18.00 WITA sampai jam 22.00 WITA.

Partisipasi UMKM untuk mengikuti Pasar Akhir Pekan (PAP) sangat tinggi. Ini terlihat dari jumlah UMKM yang hadir saat mendaftar dan pengundian nomor untuk mendapatkan tempat atau stand. Kegiatan pembagian nomor lokasi berlangsung di Areal Monumen Tsunami, Jumad (01/07/2022) pagi.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Sikka, Yoseph Benjamin, saat dikonfirmasi RRI Jumat sore (1/7/2022) menjelaskan bahwa selain UMKM juga ikut hadir dari Instansi Pemerintah, Instansi Swasta, Komunitas Lukis, Komunitas Bonsai dan Tanaman Hias juga ada Lembaga Keuangan. Areal lapak disiapkan sekitar 200 titik. Jumlah pelaku UMKM yang sudah terdaftar menurutnya berjumlah 175. Dan kegiatan sendiri akan dimulai pada Sabtu 2 Juli 2022.

Ketika ditanya apakah kegiatan Pasar Akhir pekan ini boleh diikuti oleh para pelaku UMKM dari luar Sikka, Kadis Yoseph Benjamin mengatakan,untuk sementara pihaknya masih prioritas pelaku UMKM dari Kabupaten Sikka. Yang terdiri dari 3 kategori, Kuliner ringan, Kuliner berat dan produk UMKM serta para pedagang yang menjual pakaian,sembako dan lainnya

" Kita untuk sementara masih prioritas pelaku UMKM dari Kabupaten Sikka. Yang terdiri dari 3 kategori, Kuliner ringan, Kuliner berat dan produk UMKM serta para pedagang yang menjual pakaian,sembako dan lainnya,"ungkapnya.

Kepada Peserta Kadis Yoseph Benjamin mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan selama kegiatan berlangsung. Data sementara yang terdaftar UMKM Makanan Ringan 65 UMKM, Makanan Berat 31 UMKM, 50-60 Pedagang Lainnya, 8 Lembaga Keuangan dan 5 OPD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar