Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM di Lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT

Bersama Stakeholders terkait, Rutan Maumere Ikuti Pelaksanaan P2HAM

KBRN, Ende : Sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Rutan Maumere mengikuti kegiatan deklarasi Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini dilakukan secara virtual di ruang kerja Rutan Maumere, Senin (06/30).

Turut hadir dalam kegiatan pencanangan P2HAM di Rutan Maumere yakni Kepala Kejaksaaan Negeri Sikka, Dr. Fahmi, S.H,M.H, Kaur Bantuan Hukum Natalis Istanto bersama Kasi Penyuluhan Hukum Viktor Kame yang mewakili Polres Sikka, Lurah Kota Baru Avelina Lado, Posbakumadin Marselina Masan, Fransiska Imakulata dari Truk-F, Jemy Fanu dari Kemeterian Agama, Rohaniwan Katolik Frater Gaspar Gunawan, Paroki Thomas Morus dan Pengurus GMIT Kalvari Maumere, Imanuel.

Kegiatan diawali dengan Deklarasi Pencanangan P2HAM, selanjutnya Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone menandatangani Pencanangan P2HAM bersama Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Kepala Kejaksaan Tinggi Kupang dan Kepala Divisi Pemasyarakatan serta perwakilan UPT jajaran Kanwil Kemenkumham NTT sedaratan Timor. Pada kesempatan yang sama Kepala Rutan Maumere Antonius Semuki melaksanakan penadatanganan Pencanangan P2HAM bersama Kepala Kejari Sikka.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone mengatakan pelaksanaan P2HAM bukan sekedar seremoni tapi harus dilaksanakan dengan baik. Kegiatan ini menjadi momentum agar Pencanangan P2HAM akan diterapkan dengan baik.

“Kegiatan P2HAM diawali dengan Pencanangan hari ini bahwa kita mempunyai tanggung jawab moral dalam mewujudkan dalam tugas dan pelayanan, tahap pembangunan, evaluasi, penialaian hingga pembinaan dan pengawasan, "ungkap Marciana.

Lanjutnya, tujuan dari kegiatan ini agar komitmen kita untuk tidak diskriminatif dalam pelayanan, bebas dari pungli, KKN, transparan, akuntabel, professional, integritas serta pelayanan yang cepat, tepat dan berkualitas.

Selanjutnya, Dirjen HAM Dr. Mualimin Abdi, S.H, M.H dalam sambutannya mengatakan sejatinya P2HAM dilaksanakan oleh seluruh entitas pelayanan publik. Kemenkumham melalui Dirjen HAM terus melakukan upaya agar tugas pelayanan publik dapat berjalan dengan baik.

“HAM memiliki dimensi global dengan implementasi yang sama diseluruh dunia oleh karena itu negara hadir untuk melaksanakan pelayanan publik dengan menerapkan nilai HAM,"Kata Mualimin.

Dalam kegiatan ini Rutan Maumere juga menerima penghargaan dari Lurah Kota Baru atas partisipasi dalam kerja bakti masal bersama warga di kelurahan Kota Baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar