Pelatihan Inovasi Sahabat Sehat di Sikka

KBRN, Ende : Program Inovasi Sahabat Sehat yang digalakan Pemerintah Indonesia, turut dijalani oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Kewapante Kabupaten Sikka. Inovasi sahabat sehat tersebut menjadi model pendekatan kesehatan dari hati di masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus mengatakan, keberhasilan inovasi sahabat sehat tidak hanya dengan model pendekatan ke masyarakat saja, tetapi juga komitmen ke tokoh - tokoh masyarakat didalamnya.

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Pelatihan Inovasi Sahabat Sehat di Aula Sea Word, Jl. Nai Roa KM 13, Waiara,Kecamatan Kewapante, Jumat (24/06/2022) dirinya menambahkan Inovasi sahabat sehat menjadi model pelayanan kesehatan masyarakat melalui pendekatan keluarga.

"Ada banyak manfaat dari program inovasi sahabat sehat tersebut, seperti mampu mempertahankan kesehatan keluarga, agar tetap memiliki produktivitas yang tinggi, sumber data Puskesmas dan lintas sektor dan deteksi dini penyakit atau masalah kesehatan di masyarakat, "jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Petrus Herlemus bahwa tanpa komitmen dan kepemimpinan yang kuat, inovasi sahabat sehat ini akan sulit dilaksanakan. Masyarakat sebagai penerima manfaat, mereka yang paling mendapatkan manfaat dari model inovasi sahabat sehat ini, seperti peningkatan aspek pengetahuan serta berbagai solusi dari masalah kesehatan yang selama ini mereka hadapi.

Dari kekuatan tim inovasi sahabat sehat itu sendiri yang terdiri dari para Tenaga Kesehatan Puskesmas, Tenaga Kesehatan Desa, dan Kader Kesehatan.Kekuatan mereka juga terletak pada peran yang dimainkan secara tim dan soliditas yang berhasil meereka bangun, dan juga menekankan kembali filosofi sahabat sehat dan meminta agar semua Puskesmas yang menjalankan pendekatan ini memiliki pengertian yang sama tentang inovasi sahabat sehat.

Diakhir sambutannya Petrus Herlemus menyampaikan ucapan terimakasi atas dukungan dari Pemerintah yang paling mendasar berasal dari pihak Camat dan Kepala Desa di tiap-tiap Desa, serta dukungan dari tokoh agama yang menjadi landasan moral dan iman setiap gerak langkah tim inovasi sahabat sehat dilapangan. Petrus Herlemus juga menyampaikan dalam pelaksanaannya banyak hal positif yang dicapai dalam penanganan Covid - 19. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar