Rawit Malang Tembus Rp95 Ribu Per Kilogram

KBRN, Malang: Harga cabai rawit di pasar tradisional kini makin mahal. Komoditas dengan rasa pedas itu kini dibanderol mencapai Rp 95 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya, cabai rawit dijual seharga Rp 60 ribu per kilogram.

“Seminggu tarakhir ini harganya mulai naik dari Rp 60 ribu, sekarang jadi Rp 95 ribu per kilogram,” kata Sumartini, salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Klojen Kota Malang, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, kenaikan harga cabai rawit disebabkan pasokan dari petani yang sudah mahal. Curah hujan yang tinggi membuat tanaman cabai banyak yang rusak dan rontok sebelum waktunya. Sehingga pasokan menurun dan harganya naik.

“Masih terus hujan, harganya jadi mahal. Harganya naik tapi kualitas cabenya jelek,” tuturnya.

Mahalnya harga cabai membuat pedagang mengurangi pasokan. Sebab daya beli masyarakat juga menurun akibat harganya yang mahal. Rata-rata pembeli mengurangi 50 persen dari sebelumnya.

“Misal biasanya beli satu kilogram, sekarang dikurangi jadi setengah kilogram,” ungkap Sumartini.

Sementara itu, untuk komoditas bumbu dapur lainnya terpantau masih stabil, meski mengalami kenaikan meski tidak banyak. Bawang putih mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 22 ribu menajdi Rp 24 ribu per kilogram.

“Bawang merah saat ini Rp 30 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 28 ribu per kilogram. Kalau cabai merah besar harganya tetap Rp 30 ribu per kilogram,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00