FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Sejalan Dengan Vaksinasi, Ini Strategi Pulihkan Ekonomi

KBRN, Jakarta: Wakil Menteri BUMN, Pahala Mansyury mengungkapkan, pemulihan ekonomi secara keseluruhan hanya bisa dilakukan setelah vaksinasi berjalan.

BUMN, lanjut Pahala, tentu tidak bisa sendirian dalam mewujudkan pemulihan ekonomi nasional melainkan harus berkolaborasi dengan pihak lain termasuk swasta.

"Satu visi dari Menteri BUMN Pak Erick, bahwa BUMN harus hadir bermitra untuk membangun bangun sektor pangan, energi, dan kesehatan di berbagai sektor perekonomian dan area," kata Pahala dalam acara 11th Kompas100 CEO Forum, yang digelar secara virtual, Kamis (21/01/2021).

Tidak hanya itu, menurut Pahala BUMN juga membuka kemitraan dalam menggarap sejumlah program strategis nasional (PSN) yang memiliki peran penting dalam  mendorong perekonomian dan meningkatkan lapangan kerja di masa sulit saat ini.

"Kita bisa membangun ketahanan pangan, kesehatan dan energi. Sektor-sektor ini sangat strategis dan pemerintah terus hadir untuk mewujudkannya, fasilitas infrastruktur kesehatan bisa dibangun sambil juga membangun ketahanan energi," ujar Pahala.

Lebih lanjut, Pahala menambahkan memasuki masa pemulihan, Kementerian BUMN juga menggaris bawahi pentingnya menjaga ketahanan pangan, fasilitas kesehatan dan infrastruktur energy.

Oleh karena itulah, dengan pembentukan holding BUMN pangan yang dilakukan pemerintah diharapkan bisa menekan impor komoditas kebutuhan pokok. Begitu pula dengan holding BUMN farmasi yang tujuannya untuk mengurangi impor bahan baku obat-obatan medis.

“Seperti kita ketahui 95 persen bahan baku kita masih dari luar. Karena itu perlunya kemitraan antara sektor farmasi dengan migas. Contohnya paracetamol, Kimia Farma bekerjasama dengan sub holding Pertamina untuk menyediakan bahan baku paracetamol," tandas Pahala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00