UMKM Diminta Sesuaikan Kultur Pasar

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Pandemi Covid-19 tak hanyak berdampak kepada sektor kesehatan, namun juga sejumlah sektor lainnya. Sektor usaha, khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) juga mengalami dampak yang cukup serius. 

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima menyarankan, kepada pelaku UMKM untuk menyesuaikan kultur pasar di masa pandemi ini.

"Terlihat sekali bahwa ibu-ibu (pelaku UMKM) yang mengalami suatu perubahan kerja, dari (usaha) kuliner ke penjahit (batik Sasirangan dan masker), (karena) ada perubahan struktur pasar dan konsumsi," kata Aria, Sabtu (5/12/2020).

Politisi PDI-Perjuangan itu melihat dari kondisi ini adanya kolaborasi, sinergi ada semangat kegotongroyongan para pelaku UMKM dalam situasi pandemi. 

Termasuk kegotongroyongan antara pelaku UMKM yang sudah memproduksi garmen berupa batik Sasirangan untuk mengajak para pelaku UMKM kuliner yang mengalami penurunan penghasilan.

"Ini saya kira perlu adanya roadmap baru atau grand design baru, suasana recovery ekonomi apalagi dengan penyehatan ekonomi nasional atau CSR perlu di-refocusing lagi untuk hal-hal yang langsung berdampak pada aspek peningkatan kesejahteraan untuk recovery pandemi, khususnya UMKM, bahkan ultra mikro," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00