Tahun Depan, Warga jakarta 'Kebagian' BLT

KBRN, Jakarta: Cakupan provinsi yang menjadi sasaran Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos pada tahun 2021 akan bertambah dari 33 Provinsi menjadi 34 Provinsi, dengan memasukkan provinsi DKI Jakarta. 

Pada 2020, Provinsi DKI Jakarta tidak menerima manfaat Bantuan Sosial Tunai karena digantikan oleh Bantuan Presiden berupa sembako bagi keluarga penerima manfaat.

“Karena fenomena Covid-19 ini masih dinamis, jadi kami mendapatkan amanah sementara ini untuk tahun depan dilanjut sampai bulan Juni 2021. Kemudian jumlahnya disesuaikan menjadi Rp200.000 per KK," ujar Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemensos, Asep Sasa Purnama, seperti dikutip laman resmi Covid19.go.id, Selasa (27/10/2020). 

Baca Juga: 12.4 Juta Pekerja Siap Terima Subsidi Gaji

Asep menjelaskan, penyesuaian dana tersebut dikurangi dari sebelumnya Rp300.000, karena pemerintah sudah memberikan banyak program-program lain yang bisa diakses keluarga penerima manfaat. 

Asep juga menyebut, target penerima Bantuan Sosial Tunai untuk tahun 2021 akan bertambah menjadi 10 juta keluarga. Sebelumnya pemerintah hanya menargetkan 9 juta keluarga untuk tahun 2020.

"Kemudian tahun depan sasaran penerimanya pun menjadi 10 juta keluarga” kata Asep. 

Baca Juga: Realisasi Bantuan Sosial Tunai Capai 82 Persen

Untuk diketahui, Kebijakan bantuan tunai sosial ini dilakukan dengan tujuan untuk tetap menjaga daya beli masyarakat akibat pandemi wabah virus corona (Covid-19). 

Penerima Bantuan Sosial Tunai ini didasarkan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan non DTKS yang bersumber dari data ajuan Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. 

Penyaluran bantuan sosial ini menggandeng PT Pos sebagai mitra penyalur hingga bisa tersampaikan langsung kepada penerima manfaat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00