Ketua DPRD Buka Usaha Ternak Ayam

Kandang peternakan ayam pedaging atau ayam broiler milik Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar, di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang (Dok. Istimewa)

KBRN, Merawang: Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar, membuka usaha ternak ayam pedaging atau ayam broiler, sebagai upaya untuk menggerakkan minat masyarakat berwirausaha.

Selain itu, usaha yang dibuka di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, juga dimaksudkan untuk membuka lapangan kerja dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah kita sudah melaksanakan doa selamatan pembukaan usaha ternak ayam pedaging di desa kelahiran saya, Desa Air Anyir. Luas kandang ayam yang dibangun ukuran 90 x 8 meter persegi untuk sekitar 8.000 ayam di areal kebun milik saya," kata Iskandar di Air Anyir, Merawang, Minggu (20/9/2020).

Dikatakan Iskandar, untuk memulai usahanya tersebut, direncanakan menebarkan bibit ayam sebanyak 8.000 ekor Oktober nanti, dengan masa panen sekitar satu bulan setelah pemeliharaan bibit.

"InsyaAllah sebanyak 1.000 ekor ayam bila panen nanti saya niatkan untuk disedekahkan kepada masyarakat seperti para pegawai di kantor DPRD Kabupaten Bangka dan tiga panti asuhan yang ada di Kota Sungailiat, Desa Batu Rusa Kecamatan Merawang, dan Desa Kemuja Mendo Barat," kata Iskandar.

Dalam menjalankan usaha ini, dia bekerja sama dengan pihak perusahaan pembibitan dan pembesaran ayam pedaging yang ada di Desa Pagarawan Kecamatan Merawang.

"Niat saya ini sudah saya dibicarakan dan disetujui oleh pihak perusahaan. Untuk bibit ayam, pakan ayam, dan penjualan hasil panen semuanya disediakan pihak perusahaan, sedangkan saya hanya menyiapkan kandang dan peralatan untuk pemeliharaan dan tenaga kerja di kandang," jelas Iskandar.

Iskandar berharap usaha ternak ayam pedaging yang dirintisnya ini bisa maju dan berkembang sehingga menambah lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00