Covid-19, Negara Harus Hadir Perhatikan UMKM

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Saat pandemi Covid-19, dimana seluruh sektor ekonomi bergerak lambat, maka hanya ada satu cara yang bisa dilakukan yakni fokus pada pengembangan sektor yang mampu memberi efek pada orang banyak dan menciptakan lapangan kerja. 

Hal itu diutarakan Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar yang menilai, kehadiran negara untuk betul-betul memperhatikan sektor UMKM melalui stimulus-stimulus serta kebijakan yang berpihak pada mereka menjadi sesuatu yang tak bisa ditawar.

"Di tengah pandemi, di saat ekonomi kita tumbuh minus, saat pemerintah berupaya menggenjot penciptaan lapangan kerja berkualitas," kata Cak Imin sapaan akrab Muhaimin di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Lebih lanjut, Politisi PKB ini menuturkan, pilihan terhadap strategi pengembangan UMKM dirasa mampu menyerap tenaga kerja yang berkualitas. Hal ini karena dalam sejarah UMKM sebagai sektor yang mampu bertahan di saat krisis.

Apalagi, lanjut dia, selama ini UMKM menjadi tumpuan sebagian besar tenaga kerja di Indonesia karena beberapa hal, antara lain yaitu selain keberadaanya tidak memerlukan modal banyak dan mensyaratkan keterampilan tinggi, ia juga tidak membutuhkan perizinan yang berbelit. 

"Maka tak ada pilihan lain selain negara harus hadir memperhatikan nasib UMKM, serta memberi daya dukung sehingga mampu bertahan dan eksis," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00