Bank Ini Jadi Tempat Terbaik untuk Bekerja

Istimewa

KBRN, Jakarta: Bank digital murni pertama di Indonesia, PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) atau Amar Bank diakui sebagai tempat terbaik untuk bekerja di Indonesia dalam ajang penghargaan Best Places to Work 2020 baru-baru ini. 

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian mengaku senang menerima penghargaan Tempat Terbaik untuk Bekerja di Indonesia dari Best Places to Work 2020 tersebut. Dia mengaku mulanya hanya ingin menciptakan tempat kerja, di mana peluang pertumbuhan cukup luas dan disediakan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. 

"Sangat penting bagi kami bahwa setiap karyawan kami tumbuh secara pribadi karena pertumbuhan mereka pada akhirnya diterjemahkan ke dalam pertumbuhan perusahaan. Dan sama pentingnya bagi kami untuk memastikan bahwa orang-orang senang dan selalu tersenyum di tempat kerja karena tim yang tersenyum akan membuat nasabah juga tersenyum,” katanya dalam keterangan, Selasa (11/8/2020).

Pencapaian Amar Bank ini merupakan bukti kerja keras seluruh tim Amar Bank sejak tahun 2014, yang diawali dengan 17 karyawan dan kini menjadi lebih dari seribu karyawan pada tahun 2020. Tim Amar Bank, yang disebut Amarites, menjunjung tinggi nilai-nilai budaya perusahaan yaitu Experimentation, Growth, Fun, Big Dreams, Customer Focus dan Speed yang telah diimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari oleh Amarites. 

Perlu diketahui, Best Places to Work merupakan sebuah program sertifikasi internasional yang memberikan kesempatan kepada perusahaan di berbagai negara untuk mempelajari lebih lanjut tentang keterlibatan dan kepuasan karyawan dan memberikan penghargaan bagi perusahaan yang memberikan pengalaman kerja yang luar biasa dengan standar tertinggi dalam hal kondisi kerja.

Head of People Function Amar Bank, Ratna Julia Sahlan menilai bahwa budaya kerja tempat kerjanya sesungguhnya unik dalam industri perbankan. Sebab, selama ini pihaknya selalu membekali Amarites dengan berbagai budaya aktivitas, namun pada saat yang sama mendukung mereka untuk berkembang. 

"Bagi saya pribadi, bekerja di Amar Bank telah memberi saya banyak ruang untuk menjelajah, mempelajari hal-hal baru dan tumbuh dalam lingkungan kerja yang menyenangkan dan mendorong perkembangan. Penghargaan Best Places to Work 2020 memberi kami lebih banyak dukungan untuk terus melakukan apa yang telah kami lakukan dan bahkan melakukannya dengan lebih baik lagi,” ujar Ratna.

Tiap tahunnya Amar Bank rutin melakukan survei keterlibatan karyawan. Kepuasan karyawan bekerja di Bank Amar tercermin dari peningkatan jumlah karyawan yang bersedia. Di mana karyawan lama selalu merekomendasikan Amar Bank kepada rekan-rekannya yang tercatat sebesar 91 persen di tahun 2019, meningkat dari 85 persen di tahun 2018. 

Antusiasme karyawan untuk bekerja juga meningkat dari 83 persen pada 2018 menjadi 88 persen pada 2019. Hal ini menunjukkan bahwa budaya perusahaan berhasil meningkatkan kepuasan karyawan dan mendukung mereka dalam bekerja.

Salah satu karyawan Amar Bank di bagian Business Intelligence & Data Analyst Team Lead, Derall Budi Santoso mengatakan, Amar Bank merupakan perusahaan tempat berkumpulnya para talenta terbaik dengan semangat memajukan Indonesia. 

"Pengalaman terbaik saya selama bekerja di Amar Bank adalah saya merasa menjadi bagian dari talenta terbaik yang membangun produk dan sistem yang berguna untuk mendukung inklusi keuangan negara ini. Amar Bank juga sangat mendukung karyawan dengan teknologi terkini dan tercanggih serta mendukung penelitian big data dan artificial intelligence (AI) untuk mendukung visi dan misi perusahaan,” aku Derall.

Senada dengan Derall, keunikan budaya kerja Amar Bank juga dirasakan Product & Design Circle Lead, Gasim. Bagi Gasim, Amar Bank adalah tempat yang terbaik bagi mereka yang ingin berkembang dan berkontribusi. 

"Untuk bertahan di lingkungan kerja, karyawan harus proaktif dan berorientasi pada tujuan bersama sejalan dengan budaya yang lincah seperti startup sekaligus aman seperti bank," imbuh Gasim.

Sekadar informasi, penghargaan Best Places to Work 2020 menggunakan metodologi penilaian untuk menentukan pemenang melalui beberapa tahapan mulai dari survei terhadap seluruh karyawan, penilaian dari SDM hingga validasi data. 

Melalui 3 tahap tersebut, Amar Bank mendapatkan skor Keterlibatan terhadap Kepemimpinan sebesar 81 persen, Tempat Kerja 80 persen dan Kerja Tim 80 persen. Berdasarkan hasil penilaian ini, Amar Bank memenangkan Best Place to Work 2020 di Indonesia.

Program Manager Best Places To Work for Indonesia, Hamza Idrissi menjelaskan, Amar Bank dinilai berhasil menciptakan lingkungan yang tidak hanya memberikan penghargaan kepada pekerjanya, tetapi juga menumbuhkan semangat keberagaman, tanggung jawab sosial dan inovasi. 

"Lebih lanjut, organisasi ini menyediakan alat dan sumber daya untuk membantu karyawan terhubung, membangun komunitas di tempat kerja dan menumbuhkan lingkungan yang inklusif, memberdayakan orang-orang berbakat untuk membangun masa depan yang lebih cerah melalui pembelajaran dan kemajuan berkelanjutan yang merevolusi pengalaman perbankan di Indonesia,” jelas Hamzah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00