Pasokan Melimpah, Harga Pangan di Solo Turun

KBRN,Surakarta: Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Solo, Jawa tengah dalam sepekan terakhir ini berangsur-angsur turun. Penurunan harga pangan berkisar Rp6 ribu sampai Rp 11 ribu.

Pantauan RRI di Pasar Gede Solo, penurunan harga terjadi pada komuditas daging ayam ras, bawang merah, dan gula pasir. Bawang merah Rp40 ribu dari semula Rp50 ribu per kilogram. Bawang putih dari Rp27 ribu saat ini Rp16 ribu.

Sedangkan cabe merah besar turun Rp5 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram. Daging ayam potong  menjadi Rp29 ribu dari semula Rp35 ribu  setiap kilogram, dan gula pasir saat ini  Rp14 ribu dari sebelumnya Rp17 ribu setiap kilogram.

Sedangkan kebutuhan pangan yang harganya naik seperti gula jawa Rp22 ribu dari semula Rp20 ribu. Kemudian telur ayam ras menjadi Rp25 ribu dari sebelumnya Rp18 ribu setiap kilogram.

Salah seorang pedagang sembako, Samini mengaku,  penurunan  harga terjadi dalam sepekan terakhir ini. Pasokan berbagai komoditas pangan lancar dan melimpah seperti cabe dan bawang merah yang didatangkan dari Brebes sedang mengalami panen.

“Permintaan pasar juga mulai menggeliat, rumah makan yang semula sempat terhenti saat ini sudah mulai buka dan belanja dalam partai besar termasuk memesan beberapa komoditas pangan,” ungkap Samini Rabu (1/6).

Kondisi yang sama juga dialami Isna pedagang dari Jagalan yang mengaku, permintaan pasar mulai meningkat. Para langganan sejak sepekan terakhir mulai melakukan transaksi dalam jumlah besar, sehingga harus menambah jumlah pasokan. 

"Para langganan sejak sepekan terakhir mulai melakukan transaksi, sehingga harus menambah jumlah pasokan,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00