Sertipikat Tanah Bebaskan Masyarakat Dari Jeratan Rentenir

Sertipikat tanah. (Foto: sepulsa)

KBRN, Jakarta: Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil menyaksikan penyerahan 5.126 sertipikat hak atas tanah kepada masyarakat Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sofyan mengatakan bahwa penyerahan sertipikat ini untuk membantu perekonomian masyarakat. Dengan bersertipikat bisa membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir.

“Jika telah bersertipikat maka sengketa akan hilang, masyarakat bebas dari rentenir, masyarakat punya akses dari perbankan dan itu akan membantu ekonomi rakyat kita. Semoga sertipikat yang telah diterima akan membawa manfaat untuk perbaikan ekonomi dan kepastian hukum atas tanah," kata Sofyan, Minggu (28/6/2020).

Penyerahan sertipikat secara virtual kembali dilakukan Kementerian ATR/BPN. Kali ini dilakukan melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Malang Jawa Timur. Hal ini merupakan suatu terobosan dan komitmen yang terus dilakukan Kementerian ATR/BPN untuk tetap menjalankan penyerahan sertipikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) meskipun tengah dihadapkan pada Pandemi Covid-19.

BACA JUGA :

‘House to House’ BPHTB Jateng Jadi Role Model

Cerita Sofyan Djalil Terima Keluhan Biaya Sertipikat

Sofyan A. Djalil berpesan jika target PTSL pada bulan Juni sudah 100% di Kabupaten Malang agar segera melanjutkan pekerjaan yang sebelumnya terhambat akibat mengejar target PTSL. 

"Jika bulan Juli sudah 100% banyak waktu kita untuk mengerjakan pekerjaan yang selama ini barangkali tertinggal akibat kita kejar target PTSL. Bereskan buku tanah, warkah, menyicil semua tunggakan mudah-mudahan kita mulai tahun 2021 tidak ada lagi tunggakan," ujarnya.

Plt. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Virgo Eresta Jaya, mengungkapkan layanan yang terkait pertanahan sangat besar kontribusinya terhadap pendapatan daerah di bidang pertanahan. 

“Sebagai contoh BPHTB 2019 sebesar 13,6 triliun, membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan, menghindari kebocoran dari pemalsuan BPHTB dan lain-lain, kami targetkan seluruh Pemda dan Pemkot di Jawa Timur akan terkoneksi dengan Kementerian ATR/BPN melalui kerja sama dan untuk itu kami terus berusaha memberikan layanan yang efesien, transparan dan cepat," pungkasnya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Malang La Ode Asrafil, mengatakan dalam penyerahan pada kali ini berjalan dengan lancar karena dukungan berbagai pihak dan optimis pada bulan Juli 2020 target PTSL akan selesai 100%.

“Pelaksanaan PTSL tahun 2020 di Kabupaten Malang tidak mengalami hambatan dan kendala, semuanya berjalan dengan lancar disebabkan dukungan penuh dari berbagai pihak dan semoga penyelesaian PTSL tahun 2020 ditargetkan pada bulan Juli 2020 akan selesai 100%," paparnya.

Kepemilikan sertipikat sangat penting bagi rakyat yaitu sebagai hak atas tanah dan sebagai pengelola administrasi yang aman, tertib sehingga tidak ada sengketa tanah yang terjadi pada rakyat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00