BLT Dana Desa Mencapai Rp 2,71 Triliun

Abdul Halim Iskandar (Source Wikipedia)

KBRN, Jakarta: Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi mencatat hingga saat ini terdapat 4,52 juta keluarga penerima manfaat yang sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa dengan nilai Rp 2,71 triliun. 

“Hari ini BLT Dana Desa telah tersalur ke 4.52 juta KPM dengan nilai Rp 2.71 triliun,” kata Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (23/5/2020). 

Adapun, BLT Dana Desa tersebut sudah diterima KPM di 44.035 desa atau 74% dari 59.453 desa yang telah menerima transfer dana desa ke rekening kas desa. 

“Kita memang berkejaran dengan dana desa yang tersalur ke desa, agar segera dibelanjakan sebagai BLT Dana Desa,” jelasnya. 

Abdul Halim menerangkan, desa yang benar-benar siap menyalurkan BLT Dana Desa ditandai telah selesai melakukan musyawarah desa khusus. 

Musyawarah desa khusus tersebut untuk menetapkan keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa. 

Menurut Abdul sudah 59.238 desa telah melakukan musyawarah desa khusus atau 99,6% dari desa telah mendapat transfer dana desa.

Lebih lanjut, Abdul menerangkan Kementerian PDTT sudah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mempermudah dan mempercepat desa dalam mencairkan dana desa dan mempermudah penyaluran BLT Dana Desa kepada warganya. 

Kerja sama telah dijalankan bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan mendapat dukungan bupati serta walikota.

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) menjadi mitra Relawan Desa Lawan Covid-19 untuk menjaga kondusivitas proses penyaluran BLT Dana Desa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00