Belanja Bijak Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan

Warga sedang belanja baju lebaran di Pasar Tengah, Pontianak (Ant/Jessica Helena Wuysang)

KBRN, Pontianak : Akhir Puasa Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah yang masih diselimuti pandemi Covid-19 hendaknya masyarakat lebih bijak dalam berbelanja. Sudah semestinya konsumsi dilakukan seperti biasa dalam batas wajar sesuai kebutuhan.

“Misalnya kita makan itu hanya perlu satu piring, jangan beli sampai dua piring. Seperti di bulan puasa ini, beli takjil dan minuman banyak-banyak, itu bisa mubazir. Sehingga yang tahu wajar atau tidak itu balik lagi ke konsumennya. Pakailah dasar kebutuhan saja,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat (Kalbar), Agus Chusaini dalam talkshow Dinamika Khatulistiwa RRI Pontianak, yang bertema “Belanja Yang Bijak di Situasi Covid-19”, Jumat (22/5/2020).

Agus Chusaini (Dok. Istimewa)

Talkshow online juga menghadirkan pembicara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini bersama Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

Warga Kalbar dan seluruh dunia yang tengah kesulitan ekonomi saat pandemi Covid-19, memberi pelajaran berharga bahwa masyarakat harus lebih bijak dalam membelanjakan uangnya, sekaligus menerapkan aspek protokol kesehatan pencegahan Covid-19 setiap berkegiatan. Untuk itu, bisa dilakukan melalui belanja online menggunakan aplikasi.

"Saya lihat di Pontianak banyak aplikasi yang dibikin anak muda, aplikasi yang memfasilitasi untuk belanja hingga ke pasar tradisional. Jadi aplikasi ini membantu menjembatani penjual dan pembeli. Ini bagus sekali dan dimanfaatkan juga oleh masyarakat, karena kita lihat ada konsumen yang nggak mau ke pasar karena takut Covid-19 sehingga memanfaatkan aplikasi,” ujarnya.

Sementara untuk pilihan aplikasinya ditentukan oleh konsumen langsung, dimana jika dirasa aman, dapat dipakai. Agus Chusaini memberi kebebasan kepada masyarakat untuk memilih tempat online yang dapat dipercaya karena hal itu terkait keamanan. Bahkan ada yang menawarkan untuk membayar setelah barang  sampai.

“Silakan Bapak Ibu pilih tempat online yang bisa dipercaya karena ini terkait rasa aman juga. Kalau untuk membayar bisa dipilih pula misalkan ketika barang sudah sampai baru dibayar. Kesemua ini memang lebih disarankan karena sudah menjalankan protocol Covid-19,”  pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00