Urban Farming, Membangun Ketahanan Pangan dari Rumah

Contoh urban farming di perkotaan (Ant/Dhemas Reviyanto)

KBRN, Jakarta : Covid-19 membangkitkan satu kesadaran bersama bagi masyarakat Indonesia untuk memperkuat produksi demi terciptanya kemandirian dan ketahanan pangan. 

Selama ini istilah ketahanan pangan hanya sekadar jargon yang tidak dipahami dengan baik. 

Founder OK OCE Sandiaga Uno mengatakan, era pandemi harus dijadikan sebagai peluang untuk mengejar defisit dan mencegah krisis pangan. 

Salah satu cara mewujudkan ketahanan pangan adalah dengan melakukan urban farming di rumah.

Ketahanan pangan sangat dibutuhkan di setiap negara untuk menjaga kestabilan dan keterjangkauan harga

Dengan begitu, paling tidak 50% kebutuhan pangan yang dibutuhkan setiap keluarga sudah bisa dipenuhi dari rumah.

“Ketahanan pangan sangat dibutuhkan di setiap negara untuk menjaga kestabilan dan keterjangkauan harga. Apalagi di tengah hantaman pandemi Covid-19 ini. Banyak orang kehilangan pekerjaan, akibatnya tak punya uang, tidak bisa membeli pangan,” jelas Founder OK OCE, Sandiaga Uno dalam diskusi bertema Ketahanan Pangan Keluarga di Tengah Pandemi, Sabtu (16/5/2020).

Sandiaga Uno (Ant/Muhammad Adimaja)

Melalui keterangan resminya, Sandiaga menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat selain beras, masyarakat dapat mengawalinya dengan menanam jagung, umbi-umbian, ketela, juga singkong. Selain itu juga menanam sayur mayur dan membuat kolam ikan di sekitar rumah. 

BACA JUGA: Lahan Lumbung Pangan Nasional Terbentur HGU Sawit

Kesimpulannya, ia merangkum beberapa ide sekaligus mengenai bagaimana mewujudkan kehidupan masyarakat aman pangan, yaitu melalui pendekatan urban farming di sekitar rumah, menumbuhkan ketahanan pangan sebagai prioritas, melipatgandakan kapasitas lokal, memperkaya food mixatau diversifikasi pangan, serta menerapkan teknologi di sektor pertanian.

“Dengan menerapkan teknologi, bisa menciptakan lapangan kerja. Green job. Ini bisa diserahkan kepada generasi muda. Sebanyak 55% milenial itu ternyata ingin punya usaha. OK OCE harus menangkap ini. Usahanya apa? Bidang pangan. Bisa pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan. Semua hal yang terkait pangan. Kita harus hadirkan kekayaan kita untuk menuju kedaulatan pangan,” imbuh Sandi. 

Selanjutnya : Prediksi dan Tingkatan

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00