Korban PHK Kota Padang Capai 1.182 Orang

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah

KBRN, Padang :  Sebanyak 6.414 pekerja terpaksa harus dirumahkan sementara ribuan diantaranya terpaksa mengalami putus hubungan kerja (PHK) akibat perusahaan tidak mampu bertahan dari dampak wabah Covid-19 di daerah tersebut.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyatakan, diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah apabila pandemi Covid-19 berlangsung lama.

"Pekerja yang di PHK berjumlah 1.182 orang, dirumahkan 3.736 orang dari 341 perusahaan. Kemudian ditambah dengan pekerja di industri kecil menengah yang terdampak mencapai 1.496 orang," kata Mahyeldi saat diseminasi informasi di Media Center Balai Kota Padang, Rabu (6/5/2020).

Mahyeldi menyatakan, Pemerintah Kota Padang mengupayakan agar Covid-19 dapat dituntaskan pada bulan Mei ini. Sehingga diharapkan pada Juni mendatang sektor perekonomian dapat kembali hidup, dan pekerja kembali dapat bekerja.

“Kami sedang menyiapkan langkah-langkah pemulihan bagi pekerja yang terdampak tersebut. Memang tidak mudah karena hampir 2 bulan perkenomian tidak menentu,” tuturnya.

Dipastikan, pekerja terdampak Covid-19 sudah dimasukkan ke dalam data penerima bantuan sosial.

“Pekerja yang terdampak telah diupayakan mendapatkan bantuan sosial sebesar Rp600 ribu per bulan,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00