MPM Berbagi Bersama OKE OCE Bantu UMKM Jember Kreatif Terdampak Covid-19

KBRN, Jakarta : Dampak pandemi Covid-19 ternyata tidak hanya dialami oleh UMKM di DKI Jakarta, melainkan di seluruh Indonesia. Begitu pun dengan UMKM di Jawa Timur, mereka merasakan dampak tersebut.

MPM Berbagi bersama OK OCE Peduli melakukan pembagian sembako kepada 10 UKM Jember Kreatif yang usahanya mati suri karena pandemi ini. Bantuan berupa sembako yang didistribusikan langsung oleh OK OCE Peduli kepada UMKM terdampak.

Berangkat dari hal TERSEBUT, MPM Berbagi bersama OK OCE Indonesia, OK OCE Peduli, mengadakan webinar yang bertemakan "Strategi UMKM Disaat Pandemi Covid-19" pada Selasa 5 Mei 2020 melalui aplikasi Zoom. 

Pada kesempatan kali ini, Sandiaga Uno - Founder OK OCE Indonesia, membagikan tipsnya kepada UMKM yang hadir pada webinar kali ini. 

"Mohon kita jeli melihat new normal. Saya cukup yakin kalau keharusan kita terhadap kemungkinan adanya gelombang kedua dan ketiga, mereka mau jadi modis, salah satunya masker, masker sekarang fashionable. Saya yakin fashion yang dikembangkan dengan kekinian, dan melalui pasar digital. Tinggal bagaimana kita bisa beradaptasi dalam hal ini," ungkap Sandi. 

Dari sisi permodalan, UMKM di Jawa Timur didukung Emil Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur mengatakan, pihaknya sedang menjajaki  Pemprov setempat.

“Masalah modal pada UMKM saat pandemi ini, kita coba cari solusi lewat Pemprov Jawa Timur. Misalnya, Kita ada Bank Jatim, Bank UMKM yang ingin kita pastikan bahwa ada kredit baru, kalau di  Amerika fiskalnya luar biasa, Indonesia belum. kita merasa bahwa usaha yang masih punya agunan, punya dana bertahan, dan tidak PHK karyawan, harusnya dicairkan pinjamannya," ungkap Sandi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00