Penanganan Covid 19, Jatim Alokasikan Rp 2,4 T atau 6,8 Persen APBD

KBRN, Surabaya : Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,384 Triliun atau setara dengan 6,8% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jatim.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, anggaran sebesar 2,384 triliun itu, diperoleh dari refocusing kegiatan dan realokasi anggaran di Pemprov Jatim.

"Untuk seluruh hal yang terkait dengan promotif, preventif, kuratif, tracing dan dampak sosial ekonomi covid 19 di Jawa Timur. Ini setara kira-kira 6,8 persen dari APBD kita," ujarnya, Jumat malam (3/4/2020).

Jika kemudian diikuti oleh Bupati Walikota, kata Khofifah, dimana mereka juga melakukan refocusing dan realokasi anggaran untuk program terkait dengan penanganan covid 19, maka akan memberikan penopang yang kuat bagi dampak sosial ekonomi.

"Kalau mereka bisa mengalokasikan juga sama, katakan 6 sampai 7 persen, maka ini akan memberikan bantalan yang kuat bagi dampak sosial ekonomi covid 19 di Jawa Timur," ucapnya.

Khofifah berharap akan ada support atau dukungan dari Kabupaten Kota. Dimana masing-masing sudah mendapatkan peraturan yang memungkinkan, bahkan yang wajib diikuti oleh Bupati Walikota.

"Untuk menyiapkan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00