Kemendag Terbitkan Izin Impor Daging Kerbau 170 Ribu Ton Sebelum Puasa Ramadhan 2020

KBRN, Jakarta : Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto kepada wartawan di Jakarta mengatakan pihaknya telah menerbitkan izin terkait impor daging kerbau sebanyak 170 ribu ton.

Suhanto memastikan bahwa produk impor daging kerbau tersebut rencananya akan masuk seluruhnya ke Indonesia sebelum datangnya bulan puasa Ramadhan.

"Harapan kami sebelum Ramadhan, daging (kerbau) ini sudah masuk di pasaran dan tentunya akan menstabilkan harga bagi masyarakat," kata Suhanto kepada RRI.co.id melalui teleconference via Channel YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Dirinya menjelaskan perIzinan tersebut diberikan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) termasuk diantaranya Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Keputusan itu sebelumnya telah ditetapkan dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas).

"Pemerintah telah memutuskan terkait pasokan daging dalam rakortas 6 Maret 2020 dan 11 Maret 2020, dalam rangka stabilisasi harga daging sapi maka pemerintah menugaskan BUMN dan Bulog untuk mengimpor daging," jelasnya kepada wartawan. 

Perizinan impor untuk Bulog dan BUMN lainnya adalah terkait daging kerbau secara keseluruhan totalnya mencapai 170 ribu ton.

“Saat ini untuk Bulog telah dikeluarkan izin impornya, sekarang dalam proses pemasukan daging kerbau,” terangnya. 

Sementara itu sebelumnya Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi kepada wartawan menjelaskan pihaknya telah mendapatkan izin impor sebanyak 100.000 ton daging. 

Menurutnya dalam tahap awal akan masuk 20.000 ton pada Maret atau April 2020. Bulog punya kuota 100 ribu ton tahun ini (impor daging kerbau), 20 ribu ton diantaranya akan segera masuk pada Maret hingga April 2020. Bulog memastikan impor daging kerbau sudah ditenderkan dan sudah disiapkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00