Ekonom : Ada Kepentingan Non Ekonomi untuk Antisipasi Kelangkaan Bawang Putih

KBRN, Jakarta : Pengamat Ekonomi dari Universitas Unika Atmajaya, Rosdiana Sijabat mengatakan, pemerintah mesti mengambil pelajaran mahal dari gejolak harga domestik yang disebabkan mewabahnya Novel Coronavirus.

"Namun hal itu bisa dilakukan hanya dalam jangka panjang. Jangka pendek akan sulit. Contohnya kenaikan harga bawang putih yang memang sangat bergantung pada produk impor," ungkap Rosdiana pada Pro3 RRI Jumat (14/2/2020).

Rosdiana mengatakan, dalam prinsip ekonomi, impor bawang putih memang sudah betul untuk dilakukan pemerintah.

Namun ke depan pemerintah harus mengambil langkah berani, namun tidak hanya melangkah dalam koridor prinsip ekonomi semata.

"Kalau dari prinsip ekonomi kita bisa memahami impor ini. Tapi ada pertimbangan politis lain yang harus dipertimbangkan yang harus mengorbankan prinsip ekonomi dasar. Misalkan untuk membantu petani domestik, atau sektor yang diinginkan pemerintah yang ingin berkembang, kita punya tanah, punya para ahli. Bisa saja kita menghasilkan produk bawang putih, seihngga tidak lagi bergantung pada produk lain. Ada kepentingan non ekonomi yang harus dipertimbangkan," jelasnya. (Foto : Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00