Demi TIngkatkan Ekspor, Komisi VI Minta Kemendag Sinergitas dengan Kementerian/Lembaga

KBRN, Jakarta : Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza meminta Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Indrasari Wisnu Wardana untuk meningkatkan sinergitas dan koordinasi dengan Kementerian/ Lembaga untuk meningkatkan ekspor. Hal ini dikatakan Faisol Riza saat Rapat Kerja dengan Kementerian Perdagangan membahas peningkaran neraca perdagangan ekspor dan impor tahun 2019.

Faisol Riza yang merupakan politisi dari Fraksi PKB ini menyebut peningkatan ekspor sejumlah komonditas belum signifikan. Khususnya pada produk yang memiliki kandungan lokal tinggi agar mendorong pertumbuhan industri-industri, perkebunan dan pertanian masyarakat lokal.

"Komisi VI DPR RI meminta kepada Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag melakukan sinergitas dan koordinasi dengan Kementerian/ Lembaga lain untuk mendorong peningkatan ekspor terhadap produk memiliki kandungan lokal tinggi," ungkap Faisol Riza saat Rapat Kerja dengan Kemendag, di Komisi VI DPR RI, Selasa (10/12/2019).

Faisol Riza mengungkapkan, Kemendag harus memberikan insentif kepada industri-industri untuk menciptakan iklim dunia usaha positif, sehingga meningkatkan daya saing produk produk ekspor. Kemendag juga memperhatikan laju impor agar tidak melebih kebutuhan, agar memastikan pemasaran produk produk dalam negeri.

"Memberikan insentif terhadap peningkatan daya saing ekspor produk produk nasional, menerapkan non tarif barrier untuk menekan laju impor dan melindungi, produk dalam negeri, serta menyeimbangkan neraca perdagangan," kata Faisol Riza.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00