Rakernas Maritim, Ma'ruf: Nelayan Jangan Menderita

KBRN, Jakarta: Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komunitas Maritim Indonesia (Komari), pada Kamis (18/7/2019).

Dalam acara yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta itu,  Ma'ruf menekankan pentingnya optimalisasi sektor maritim Indonesia.

"Maritim memiliki potensi besar baik bidang kelautan, ikan, dan segala macam yang lainnya, pesisirnya, bahkan di laut banyak ditemukan sumber minyak dan potensi besar lainnya. Pariwisata yang selama ini potensi ini belum tergali, terbangun secara optimal," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf menjelaskan, Indonesia sebagai negara maritim harus membuat pembangunan berkelanjutan di sektor kelautan. Selain itu, kata Ma'ruf, pembangunan juga harus diiringi dengan inovasi.

"Supaya maritim ini juga bisa mensejahterakan masyarakat, maritim yang kebetulan masyarakat yang masih lemah. Sekarang ini masih ada kesenjangan, disparitas kaya dan miskin. Itu harus diperpendek," ujarnya.

Kebijakan di sektor Maritim juga mendapat sorotan dari Ma'ruf yang mengatakan  kebijakan di sektor ini harus memperhatikan kesejahteraan nelayan. Untuk itu, kata Ma'ruf, dirinya akan meninjau ulang kebijakan-kebijakan di sektor maritim yang dirasa masih merugikan nelayan. 

"Kita akan lihat kembali. Yang penting jangan menyisakan membuat nelayan itu semakin tidak sejahtera semakin menderita. Karena itu kita akan lakukan penyesuaian kembali supaya tidak ada aturan yang kemudian merugikan masyarakat," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00