PT Telkomsel Dukung Geliat Industri Kreatif Digital Di Papua

KBRN, Jayapura : Sebagai perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, PT Telkomsel terus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik di tengah masyakat. Pelayanan tersebut bukan hanya dalam hal bentuk perbaikan kualitas jaringan, tetapi yang lebih besar lagi adalah dengan terus mendorong perkembangan dunia digital, termasuk yang ada di Papua.

Kepada RRI, Ismu Widodo, General Manager Sales Telkomsel Regionl Papua Maluku mengatakan, untuk tahun 2018 yang lalu, PT Telkomsel di Papua, melalu program CSR-nya sudah membuat sejumlah kegiatan pelatihan pengembangan konten digital yang melibatkan generasi muda di Papua.

Hal ini dilakukan mengingat Papua, dengan berbagai suku, etnis dan budaya di dalamnya, memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasar digital, baik itu yang di tuangkan dalam bentuk tulisan, film, musik dan lain sebagainya, dan seperti halnya yang terjadi di luar Papua, Video blog yang di sajikan melalui media Youtube juga mulai marak di gemari generasi milenial di Papua.

“Kita sudah konsisiten dalam mendukung perkembangan industri digital di Papua, beberapa waktu yang lalu Telkomsel sudah melakukan pelatihan untuk programer, video blog yang memuat konten musik, film dan games. Kita tau Papua memiliki potensi yang sangat besar dan unik, sehingga menjadi daya tarik tersendiri, seperti ada musik etnik, juga ada cerita mob dan film pendek, yang semuanya bisa digarap  menjadi industri kratif berbasis digital yang dapat di jual,” kata Ismu Widodo, Jumat (4/1/2019).

Di tambahkan, untuk lebih memaksimalkan semua itu, PT Telkomsel juga menggandeng Universitas Cenderwasih, Universitas Musamus dan Institut Seni dan Budaya Indonesia di Tanah Papua dalam menjaring konten kreator muda yang akan terus dibina dan dilatih sehingga kedepan mereka bisa menampilakan dan memperkenalkan Papua melalui berbagai karya seni berbasi digital ke seluruh dunia sehingga bisa memberikan dampak posistif, telebih khusus bagi geliat ekonomi dan wisata di Papua.

Sementara itu, ketika disinggung terkait pengembangannya kedepan, Ismu Widodo dengan tegas mengatakan, pelatihan secara konsisten dan bertahap akan terus di lakukan, sebab hal ini sudah mejadi komitmen PT Telkomsel, yang bukan hanya akan menyasar kalangan generasi milenial di Papua, tetapi yang lebih besar lagi di harapakan agar masyakat Papua juga bisa mengenal industri kreatif berbasis digital, sebab saat ini dunia digital sudah sangat melekat dalam kehidupan masyakat sehari-hari, dan salah satu hal yang bisa di rasakan langsung adalah perkembangan jual beli di dunia maya yang saat ini terus bertumbuh.

Melalui pemanfaatan industri kreatif berbasis digital, Ismu Widodo berharap masyakat Papua pun bisa memanfaatkannya sebagai media promsi yang murah dan terjangkau, serta mudah di akses oleh masyarakat  yang ada di luar Papua.

“Pelatihan ini akan terus kita kembangkan, agar industrik kreatif berbasis digital di Papua jiuag bisa berkembang, dan bagi masyarakat, terutama generasi muda Papua, pesan saya jangan mau berhenti berpikir, kembangakn kreatfitas, dan Bersama Tekomsel kita akan memperkenalakn Papua kepada dunia,” tutup Ismu Widodo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00