Badan Pangan Nasional Ikut Dukung Pemanfaatan Lahan

Seorang wanita bercocok tanam menggunakan media tanam dari barang-barang bekas seperti kaleng cat, botol air mineral, dan lain-lain. Dokumentasi/ANTARA/HO

KBRN, Jakarta: Langkah Presiden Joko Widodo mendorong pemanfaatan lahan untuk ditanami komoditas pangan didukung Badan Pangan Nasional. Upaya itu untuk menghadapi ancaman krisis pangan global. 

Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional Rachmi Widiriani mengatakan upaya Presiden Jokowi sangat masuk akal. Sebab, kekuatan Indonesia ada di lahan, dan yang laut luas, serta komitmen pemangku kepentingan. 

"Jadi bagaimana memanfaatkan peluang terbuka untuk memproduksi pangan. Tidak hanya hamparan, tapi juga halaman," katanya dalam wawancara Pro3 RRI, Jumat (12/8/2022). 

Tidak hanya pemanfaatan lahan oleh petani, lanjutnya, rumah tangga pun dapat memanfaatkan pekarangan rumah. Hal itu untuk membantu rumah tangga memperoleh bahan pangan dengan biaya murah. 

"Juga ada kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan oleh rumah tangga untuk memanfaatkan lahan di sekitar dia. Itu setidaknya untuk bahan pangan yang sehari-hari dikonsumsi seperti menanam cabai, tomat," ujarnya. 

Presiden Jokowi sebelumnya mendorong pemanfaatan lahan di pekarangan rumah untuk ditanami komoditas pangan seperti cabai. Selain itu, ia juga mendorong agar lahan tidak produktif dapat diproduktifkan dengan ditanami berbagai komoditas pangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar