Indonesia Gemilang Butuh Kerja Sama Semua Pihak

Bendera Merah Putih. Dokumentasi/ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/hp.

KBRN, Jakarta: Kerja sama semua pihak dibutuhkan untuk mewujudkan cita-cita pemerintah, terkait digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu demi Indonesia gemilang, di 100 tahun kemerdekaan, tahun 2045 nanti. 

Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Eddy Misero mengatakan, saat ini, baru 20 persen pelaku UMKM melek digital. Oleh karena itu diperlukan usaha maksimal agar persentase digitalisasi UMKM terus meningkat. 

"Pemerintah dan siapapun yang berkepentingan atas itu, bahwa fasilitas untuk transformasi digital itu harus di-update terus. Misalkan saya pernah melakukan transaksi online, maaf pak, lagi offline misalnya," katanya dalam dialog Pro3 RRI, Rabu (10/8/2022). 

Sebab menurutnya, saat ini masih ada 12 ribu desa yang belum terjangkau internet. Hal itu menjadi kendala meningkatkan tranformasi digital di seluruh wilayah Indonesia. 

"Memang ada kendala-kendala, tapi kita tidak harus berhenti dengan kendala. Kita dorong para pelaku UMKM, berikan ruang untuk mereka mampu menjangkau atau mampu hadir dalam tranformasi digital," ujarnya. 

Ditekankannya, untuk mencapai Indonesia gemilang tahun 2045, butuh kepekaan dari semua pihak. Baik itu pelaku UMKM, pemerintah pusat, maupun daerah. 

"Mari kita dorong bersama, mari kita bekerja keras. Karena tujuan akhir adalah mencapai Indonesia gemilang," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar