Pemerintah Terus Dorong Digitalisasi UMKM

Seorang sedang memindai kode QR saat membeli produk UMKM di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, di Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (20/5/2022). Dokumentasi/ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

KBRN, Jakarta: Pemerintah akan membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya terus mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan digitalisasi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Edy Priyono mengatakan, pemanfaatan digital merupakan sebuah keniscayaan. Pemerintah pun akan memberikan edukasi kepada UMKM, bahwa pasar semakin luas, sehingga digitalisasi sangat penting.

"Jadi kalau pelaku UMKM tidak tahu dengan masuk digital mereka akan mendapatkan keuntungan, mereka akan sulit masuk. Jadi yang pertama edukasi," katanya saat berbincang dengan Pro3 RRI, Rabu (10/8/2022).

Setelah diberikan pemahaman, lanjut Edy, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan memberikan beberapa fasilitas. Fasilitas diberikan agar proses digitalisasi UMKM berjalan cepat.

"Difasilitasi, dibantu, supaya cepat ke dalam pelaku digital. Setelah itu membantu dengan promosi dan sebagainya," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar