Besok, Kemendag Launching 'Minyak Goreng Kita'

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melakukan sidak ke salah satu toko di Pasar Ciracas Jakarta Timur, Selasa (5/7/2022) pagi. (Foto: Fitratun Komariah/ RRI)

KBRN, Jakarta: Program minyak goreng curah kemasan sederhana akan segera diluncurkan untuk kebutuhan masyarakat. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, minyak goreng (migor) curah yang dinamakan 'Minyak Kita' akan diluncurkan, Rabu (6/7/2022) besok.

"Besok teman-teman, kita akan launching minyak kemasan kita," kata Zulhas usai melakukan sidak di Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/7/2022). 

Ia mengatakan, dengan terjaminnya harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah di harga Rp14.000 per liter serta stok yang aman tersedia, masalah berikutnya yang harus ia selesaikan adalah perihal ekspor CPO.

"Problem yang kedua yang harus saya selesaikan ialah agar nanti ekspornya lancar," ujarnya.

Menurutnya, jika ekspor lancar masalah harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit diharapkan bisa kembali naik. Sebelumnya, harga beli TBS sawit hanya Rp1.600 per kilogram dan terus menurun

"Kita harap kalau ekspor lancar maka pabrik-pabrik bisa kosongkan tangkinya. Kalo sudah kosong (tangki) akan berebut beli TBS. Kenapa murah? karna tangki-tangki penuh. Jadi perlu waktu," jelas Zulhas.

"Jadi kita percepat, tangki kurang dan bisa beli TBS lebih banyak. Kita harapkan harga akan ketemu Rp2.000, Rp2.500, sampai Rp3.000 per kilogram," lanjut Zulhas.  

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bahan Pokok dan Penting Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengatakan, peluncuran 'Minyak Goreng Kita' akan berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan.

"Besok kita akan undang di Kemendag," ujar Isy.

"Untuk warga sekitar saja," tambahnya.

Isy mengatakan, ada sekitar 28 produsen yang akan mendukung Minyak Kita.

Sebagai informasi, Minyak Kita adalah minyak goreng curah dalam bentuk kemasan sederhana yang sudah berlabel BPOM. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sebelumnya sempat mengatakan bakal ada minyak goreng kemasan sederhana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar