Loket Pelayanan Pertanahan Bakal Buka Seminggu Penuh

Loket pelayanan Kantor Pertanahan Kementerian ATR/BPN. (Foto: Dok.Kementerian ATR/BPN)

KBRN, Jakarta: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto memerintahkan loket pelayanan pertanahan dibuka selama sepekan penuh, atau tetap buka pada Sabtu dan Minggu. 

“Kenapa harus hari Sabtu dan Minggu? Diharapkan masyarakat yang memiliki kebutuhan dalam mengurus berkas pertanahan dan terkendala oleh pekerjaan, bisa mengurus sendiri permohonannya pada akhir pekan," kata Hadi dalam keterangan resmi dikutip, Senin (4/7/2022). 

Selain itu, untuk layanan pertanahan pihaknya telah memberikan inovasi baru.

"Yakni loket prioritas dan layanan tujuh menit untuk masyarakat. Loket prioritas adalah sebuah keharusan yang perlu dimunculkan untuk memberikan pelayanan prima. Inovasi tersebut turut menjadi komitmen Kementarian ATR/BPN, guna memberantas praktik calo dalam pengurusan tanah," kata Hadi.

Dia mengimbau masyarakat dengan dibukanya layanan tersebut, maka kedepannya layanan urusan dapat dilakukan secara mandiri, dan tanpa menggunakan jasa calo.

"Inovasi ini harus terus ditingkatkan. Bagaimana caranya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, itu yang terpenting. Saya sudah lihat secara langsung proses pelayanannya cepat, serta membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu untuk datang sendiri ke Kantor Pertanahan," kata Hadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar