Legislator: Aplikasi MyPertamina Solusi BBM Tepat Sasaran

Suasana pengisian BBM di salah satu SPBU Pertamina. ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).jpg

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menyatakan, kebijakan mewajibkan pembeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan solar mendaftarkan diri melalui aplikasi MyPertamina merupakan solusi, agar penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran. 

"Jangan sampai BBM bersubsidi justru dimanfaatkan masyarakat mampu dan juga industri," kata Eddy kepada wartawan, Kamis (30/6/2022). 

Kendati demikian, Politisi PAN ini menegaskan, perlu dilakukan sosialisasi yang menyeluruh dan waktu yang relatif panjang agar masyarakat, khususnya pengguna BBM bersubsidi memahami penggunaan aplikasi MyPertamina. 

"Gunakan seluruh kanal komunikasi seperti media cetak, elektronik dan media sosial, agar masyarakat benar-benar memahami kegunaan dan pemanfaatan aplikasi MyPertamina," sarannya. 

"Sosialisasi penting agar terobosan ini dipahami sebagai solusi, bukan justru menimbulkan masalah baru," tambahnya. 

Eddy menambahkan, penerapan aplikasi MyPertamina perlu mendahulukan pada lokasi-lokasi tertentu dan menerapkan aturan yang terukur. 

"Di sisi lain perlu ada pengecualian di daerah-daerah yang masih sulit diakses saluran telekomunikasi dan kemampuan ekonomi masyarakat untuk membeli smartphone," ujarnya. 

Diharapkannya, MyPertamina dapat mengurangi beban pemerintah dalam menyediakan subsidi BBM yang sampai saat ini masih dimanfaatkan mereka yang tidak berhak.

"Sekali lagi, MyPertamina harus menjadi solution provider dan bukan problem baru di masyarakat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar