Penguatan Pembiayaan Bantu Perkembangan UMKM

Para pelaku UMKM (ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/hp)

KBRN, Jakarta: Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Kemeterian Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Fiki Satari mengatakan, penguatan pembiayaan akan membantu pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam mengembangkan usahanya. 

"Ini yang ingin kita buka terus, bagaimana juga seluruh akses pembiayaan ini mensupport pelaku UMKM yang memang sekarang sedang mengeliat lagi, maka dari itu perlu penguatan pembiayaan," kata Fiki dalam perbincangan bersama Pro3 RRI, Selasa (28/6/2022).

Fiki juga mengatakan, kebanyakkan isu yang ada saat ini terkait dengan pertumbuhan kredit pembiayaan UMKM. Dimana sejak bergerak di level usaha mikro dan kecil sempat mengalami sedikit penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.

"Untuk pelaku usaha menengah yaitu penurunan sebesar 350 miliar dan itu terlihat pada penurunan tiap tahun secara gelegat," katanya.

Perlu diketahui bahwa tol kur usaha menengah sendiri sampai dengan Mei tahun 2022, telah mencapai sekitar Rp145 triliun atau 38 persen dan ini disalurkan kepada 3 juta UMKM atau sudah terrealisasikan sebesar 41persen. Sementara untuk mikro kur kecil ini bergerak cukup dinamis setelah lebaran.

"Potensi ekonomi digital, dimana Indonesia ini luar biasa, bahwa dari sisi pembiayaan aja di sektor teknologi finansial menjadi rumah vintek yang punya datanya 32 persen se-Asiatenggara," katanya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar