Serikat Petani: Harga TBS Sawit Turun Drastis

Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di tempat penampungan Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.jpg

KBRN, Jakarta: Harga tandan buah segar (TBS) sawit di beberapa wilayah terus mengalami penurunan. Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) mencatat, harga TBS sawit dari petani swadaya turun drastis hingga di bawah Rp1.500 per kilogram. 

Kepala Bagian Organisasi dan Anggota SPKS Sabarudin menyebut, harga TBS terus mengalami penurunan setiap harinya sekitar Rp100 per kilo.

"Saya lagi posisi di Rokan Hulu, Riau. Disini TBS sawit harga Rp1.070 per kilogram," kata  Sabarudin dalam keterangan tertulis kepada RRI.co.id, Sabtu (25/6/2022). 

Sekian di Riau, harga TBS sawit dari petani swadaya di Jambi juga mengalami penurunan signifikan. Tercatat per 21 Juni 2022, harga TBS sawit di PT.Muara Jambi Sawit Lestari menjadi Rp1.175. 

Sementara itu, Sabarudin menyebut, alasan perusahaan tidak membeli TBS sawit dikarenakan adanya aksi unjuk rasa dari para petani sehingga mereka tidak bisa melakukan ekspor. 

"Lalu banyak juga pabrik yang melakukan pembatasan penerimaan buah (sawit)," ujar Sabarudin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar