Mendagri Janji Tindaklanjuti Hasil Munassus Kadin

Mendagri Tito Karnavian (kedua dari kanan) janji menindaklanjuti hasil Munassus Kadin. (Foto: RRI)

KBRN, Tangerang : Mendagri Tito Karnavian menjawab permintaan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia. Mendagri memberikan apresiasi setinggi-tingginya, atas resminya hasil revisi dan penyempurnaan AD/ART Kadin Indonesia. Ia lantas menjanjikan hasil munassus ini naik jadi Keppres.

Sebab, kata Tito, pada dasarnya Kadin Indonesia memiliki payung hukum yang mengatur tata laksana organisasi tersebut. Tata laksana tersebut adalah Undang-undang Nomor 1 Tahun 1987 Tentang Kamar Dagang dan Indonesia Indonesia.

"Kita menginginkan Kadin yang kuat, sebagai mitra pemerintah, bisa mengakomodir kekuatan pengusaha Indonesia, menjadi kekuatan besar untuk kembali meningkatkan investasi dalam negeri," tutur Tito kepada RRI.co.id, Kamis (23/6/2022).

Mendagri mengamini hasil Munasus 2022 Kadin Indonesia akan diteruskan menjadi Keppres. Sebab, hal ini akan menjadi kepastian kepada pemerintah, pengusaha dan intersional.

"Dengan adanya AD/ART ini nanti akan ditindaklanjuti, insya Allah jadi Keppres. Kita harap dengan adanya satu Kadin, ini akan membuat perubahan fundamental, titik baru bangkitnya usaha dan investasi Indonesia," tutur mantan Kapolri itu.

Diberitakan sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia melakukan penyempurnaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) teranyar melalui Musyawarah Nasional Khusus 2022. 

AD/ART Kadin Indonesia yang baru ini diminta segera disahkan menjadi Keputusan Presiden (Kepres) guna menepis isu adanya kubu tandingan.*

"Hasil dari Munassus kami, Kadin Indonesia sebagai keluarga besar, rumah bagi pengusaha besar, kecil, ultra kecil dan mikro, bersama kompak menjadi satu, menyepakati perubahan dan penyusunan AD/ART. Ke depan, kami minta pemerintah di-Kepreskan dan disosilisasikan kepada daerah, dan internasional," ujar M. Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia kepada RRI.co.id seusai Munassus 2022 di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Kamis (23/6/2022) malam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar