Sandiaga: UMKM Berperan Besar Bantu Perekonomian Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan keterangan dalam Beranda Nusantara LPP RRI. (Foto: Tangkapan Layar/rri.co.id/Bara Ilyasa)

KBRN, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran besar dalam membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Hal itu diutarakan oleh Sandi, sapaan akrabnya dalam dialog 'Beranda Nusantara' bertema "Usaha Maju, Kita Mendunia digelar oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Jakarta, Rabu (25/5/2022). 

"Sektor UMKM ini memiliki peran yang sangat besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, apalagi saat-saat awal pandemi, UMKM menjadi penyangga ekonomi," kata Sandi, Rabu (25/5/2022).

Sandi menjelaskan, peran itu dapat dilihat dari pertumbuhan UMKM yang jumlahnya semakin banyak. Bahkan, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari sektor UMKM pada tahun 2021 mencapai 62 persen arau senilai 1600 triliun.

"Terlihat dari jumlah sektor UMKM di Indonesia pada tahun 2021 mencapai 64.2 juta dengan PDB 62 persen atau senilai 1600 triliun," jelasnya.

Tidak hanya itu, tambahnya, UMKM juga dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 97 persen. Selain itu juga, Indonesia menjadi ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara.

"Indonesia juga memiliki ekonomi digital tertinggi di Asean mengalami kenaikan hinga mencapai 77 miliar USD pada tahun 2021 dimana transaksi terbesar pada e-commerce," tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar