Menkop: UMKM Serap 97 Persen Tenaga Kerja

KBRN, Jakarta: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyerap tenaga kerja sebanyak 97 persen. 

Dari jumlah itu, lanjutnya, 99 persen diserap oleh usaha mikro. Sementara, dari 65 juta jumlah UMKM, 99.6 persen merupakan usaha mikro dengan omset di bawah Rp2 miliar setahun.

"Kebetulan tahun ini kami dengan koperasi sedang membenahi data tunggal. Nah kita sudah bicara dengan BPS supaya yang di data itu yang punya usaha tempat menetap," tambahTeten, dalam dialog 'Beranda Nusantara' bertema "Usaha Maju, Kita Mendunia digelar oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Jakarta, Rabu (25/5/2022). 

Lebih lanjut, Teten mengungkapkan, sepuluh tahun terakhir hanya 8 juta UMKM telah terhubung platform e-commerce. Peningkatan ini dinilainya cukup signifikan, yakni dari 13 persen menjadi 23.9 persen. 

"Ini akan kami percepat agar UMKM bisa terus beradaptasi dan bertransformasi ke digital," jelasnya. 

"Tentu ini akan menjadi tren baru meskipun pandemi sudah berlalu. Sebab, transformasi ini didorong oleh perilaku masyarakat yang berbelanja online saat ini," tambahnya. 

Lebih jauh, Teten mengungkapkan, salah satu problem dihadapi UMKM adalah produk yang minim terserap oleh pasar. Kendati saat ini produk UMKM dari sektor kebutuhan pokok, kebutuhan kesehatan cukup bagus terserap di pasaran.

"UMKM yang terhubung ke platform digital tumbuh 26 persen. Dan catatan kami ada tiga, yakni literasi digital, kapasitas dan kualitas produksi, serta akses pasar," tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar