Legislator: Pemerintah Diharapkan Merencanakan Cadangan Minyak Goreng

Penjual berjualan Minyak Goreng di kedai (Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah/YU)

KBRN, Jakarta: Anggota Komisi VI DPR, Herman Khoeron menilai, Pemerintah harus memiliki rencana terkait keputusan untuk cadangan minyak Nasional.

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat dapat menikmati program Pemerintah melalui pencadangan Minyak Nasional sama halnya dengan program Cadangan Beras Nasional (CBN) sebelumnya. 

"Ini menyangkut hajat hidup masyarakat banyak dan negara harus memiliki cadangan," kata Herman seperti dikutip dari wawancara Pro3 RRI, Rabu (25/5/2022).

Tidak hanya itu, Herman juga berharap, cadangan nasional kebutuhan masyarakat tidak hanya diadakan untuk minyak goreng, tetapi juga untuk komoditas lainnya.

"Tidak hanya migor saja tetapi kedepannya bisa juga seperti kedelai, gula, dan lainnya yang sangat rentan terhadap harga," katanya kembali.

"Cadangan minyak goreng pemerintah itu bertujuan untuk menjamin harga bisa diintervensi dengan harga operasi pasar," tutup Herman.

Diketahui, Pemerintah akan memberikan penugasan kepada Perum Bulog untuk menyediakan cadangan minyak goreng sebesar 10 persen, dari total kebutuhan minyak goreng curah nasional.

Sementara, pelaksanaan ekspor oleh produsen nantinya akan dilakukan pengawasan secara ketat dan terintegrasi, baik oleh pihak Bea Cukai, Satgas Pangan Polri, Kementerian dan Lembaga, dan Pemerintah Daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar