India Ingin Miliki PTA Bersama Indonesia

Duta Besar India di Jakarta Manoj Kumar Bharti menyatakan, India ingin adanya kerja sama Preferential Trade Agreement (PTA) bersama Indonesia. (Foto:RetnoMandasari/RRI)

KBRN, Jakarta: Duta Besar India di Jakarta Manoj Kumar Bharti mengatakan, India ingin adanya kerja sama Preferential Trade Agreement (PTA) bersama Indonesia.

“Ya, kami telah membahas PTA untuk beberapa waktu dan ada keinginan untuk masuk ke PTA di kedua sisi,” ungkap Dubes India di sela-sela perayaan Hari Nasional India ke-73, Rabu (26/01/2022) di Jakarta.

Menurut Manoj, adanya PTA akan mempermudah tercapainya target volume perdagangan kedua negara sebesar USD 50 miliar.

“Ada juga yang didorong oleh target yang telah kita tetapkan sendiri, yaitu 50 miliar dolar untuk perdagangan bilateral pada tahun 2025. Jika kita memiliki PTA, ini akan jauh lebih mudah untuk mencapai target tersebut,” papar Manoj.

“Dan, saya yakin kedua pemerintah akan menganggapnya sangat serius, selama tahun ini dan tahun mendatang,” tambahnya.

Dikatakan Manoj, tidak ada kendala berarti dalam kerja sama perdagangan bersama Indonesia.

“Tidak ada hambatan. Saya akan mengatakan, yang penting banyak bidang yang membutuhkan kerja sama dan selalu ada memberi dan menerima. Di sektor tertentu Indonesia, menginginkan sesuatu. Di sektor tertentu lainnya, India menginginkan sesuatu,” ucap Dubes India.

Hanya saja, ditambahkan Manoj, bervariasinya komoditas yang dimiliki Indonesia memerlukan diskusi intensif terkait persyaratan pada kerja sama perdagangan.

“Anda memiliki perdagangan komoditas. Anda memiliki perdagangan jasa.Anda memiliki begitu banyak variasi, dan itu membutuhkan diskusi yang intens untuk menyelesaikan semua masalah dan semua persyaratan dari kedua belah pihak,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar