MotoGP Mandalika, Ribuan UMKM Ikut Dilibatkan

Barista meracik kopi di pameran UMKM Bazar Mandalika, di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022). Penyelenggaraan event MotoGP 2022 diharapkan menjadi ajang promosi produk UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di NTB.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp.

KBRN, Jakarta: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengakomodasi ribuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjajakan suvenir dan kuliner, saat perhelatan MotoGP 2022 Mandalika berlangsung. 

"Hampir 5.000 UMKM tercipta dengan jaring pengaman sosial, insentif dari pemrintah kami kelola dalam bentuk produk lokal, sehingga menghasilkan UMKM yang very interesting," jelas Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah kepada Pro 3 RRI, Minggu (23/1/2022).

Ia pun mengapresiasi langkah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenKopUKM), yang telah melakukan survei siapa saja yang akan datang ke event ini.

"KemenKopUKM menyebut jika 80 persen penonton MotoGP adalah laki-laki dan 20 persennya wanita, nah yang ingin dibeli itu kaos, souvenir, yang related dan menjadi feedback untuk MotoGP Mandalika," tambahnya.

Menurutnya, saat Superbike banyak penonton datang pada hari ketiga. Sebelum itu, penonton melakukan killing time dengan cara berkunjung ke tempat wisata.

"Dua hari jalan dulu ke Gili Trawangan, Sembalun untuk killing the time, nah berbelanja UKM di tempat lain, jadi bukan hanya di Mandalika," katanya.

Ia menyebutkan, nantinya dalam proses pembayaran dapat menggunakan digital.

"Untuk pembayaran, digitalisasi sudah sampai UMKM dengan bantuan OJK dan Bank Indonesia," ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar