FOKUS: #PPKM

Warga Papua Latihan Beternak Ayam Petelur

Personel Satuan Tugas (Satgas) Rastra Samara Kasih (Rasaka) Cartenz memberikan pelatihan pemeliharaan ayam petelur bagi warga Papua. Pelatihan itu dilakukan dengan membawa warga Papua ke Jawa Tengah (Jateng) sesuai program Binmas Polri melalui Satgas Rasaka Cartenz 2022. (Foto: Dok. Humas Polri)

KBRN, Jakarta: Personel Satuan Tugas (Satgas) Rastra Samara Kasih (Rasaka) Cartenz memberikan pelatihan pemeliharaan ayam petelur bagi warga Papua.

Pelatihan itu dilakukan dengan membawa warga Papua ke Jawa Tengah (Jateng) sesuai program Binmas Polri melalui Satgas Rasaka Cartenz 2022.

"Para peserta mengikuti pelatihan dengan diawali dengan belajar teori di kelas dan kemudian mempraktikkan di lokasi kandang ayam petelur," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, melalui keterangan tertulis yang diterima RRI.co.id di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Pelatihan sendiri berlangsung hari ini di area peternakan PT Sinar Pangan Mandiri, Desa Wonosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. 

Dedi menjelaskan, pelatihan ini diikuti sebanyak 16 orang yang terdiri tiga pendamping dan 13 peserta pelatihan.

Dalam hal ini, pelatihan rencananya akan berlangsung selama 30 hari (satu bulan).

Dengan adanya kegiatan ini, Dedi berharap para peserta akan kembali ke Papua dan mengaplikasikannya di lapangan dan membuka usaha ayam petelur. 

Sehingga, kata Dedi, program ini juga diharapkan dapat memunculkan wirausaha muda Papua yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Bumi Cenderawasih tersebut. 

"Selama ini pasokan telur didatangkan dari Pulau Jawa. Namun setelah ini di targetkan Papua dapat memproduksi telur sendiri tanpa ketergantungan dari Pulau Jawa," tutup Dedi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar