FOKUS: #PPKM

Pabrik Durian Beku Terbesar Sumatera Utara Diresmikan

Untuk memenuhi tingginya permintaan durian di pasar Asia dan Eropa, Universal Durian PT Agro Semesta Utama membuka pabrik durian di kawasan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Pabrik ini merupakan yang terbesar di Sumatera Utara (Sumut), dengan kapasitas produksi 200 ton daging durian per bulan. CEO Universal Durian PT Agro Semesta Utama, Muhammad Syarif, mengatakan, pabrik ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya pabrik pertama ada di Kecamatan Galang, Deli Serdang. (Indra Widyastuti/RRI)

KBRN, Deli Serdang: Untuk memenuhi tingginya permintaan durian di pasar Asia dan Eropa, Universal Durian PT Agro Semesta Utama membuka pabrik durian di kawasan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Pabrik ini merupakan yang terbesar di Sumatera Utara (Sumut), dengan kapasitas produksi 200 ton daging durian per bulan.

CEO Universal Durian PT Agro Semesta Utama, Muhammad Syarif, mengatakan, pabrik ini merupakan yang kedua setelah sebelumnya pabrik pertama ada di Kecamatan Galang, Deli Serdang.

"Pabrik durian yang kami kelola ini merupakan pabrik durian terbesar di Sumatera Utara dengan jumlah pekerja 200 orang dengan produksi utama yakni, daging durian beku," kata Syarif kepada RRI.co.id saat peresmian pabrik di Deli Serdang, Senin (17/1/2022).

Syarif optimis pembukaan pabrik kedua ini akan melayani pasar di Asia, mulai dari Malaysia, Hongkong dan Singapura.

Namun ke depan pihaknya bertekad untuk masuk hingga pasar Eropa.

Memenuhi permintaan durian di pasar Asia dan Eropa, Universal Durian PT Agro Semesta Utama membuka pabrik durian di kawasan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Syarif juga menjelaskan latar belakang berdirinya pabrik sejak tahun 2014 tersebut, yang semula menyasar pasar domestik.

Kemudian pada tahun 2018 perusahaan mulai mengembangkan pasar ke Malaysia dan China.

Untuk kapasitas produksi pabrik bisa mencapai 200 ton per bulan atau bisa memproduksi 10 ton daging durian per hari.

Untuk tetap menjaga produksi pabriknya, durian didatangkan dari berbagai daerah di Indonesia. 

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Deli Serdang,Tengku Muhammad Zaki Aufa menyambut baik kehadiran pabrik durian di Tanjung Morawa, Deli Serdang.

Ia berharap pabrik durian ini bisa menyerap tenaga kerja, secara khusus membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat Deli Serdang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar