Presiden Dinilai Berhasil Kendalikan Ekonomi, Sosial, Politik

Presiden Joko Widodo / ANTARA / HO - Biro Pers Setpres / aa

KBRN, Jakarta: Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah berhasil mengendalikan kondisi ekonomi, sosial, dan politik di tengah hantaman pandemi Covid-19.

“Masa pemerintahan Presiden Jokowi sudah berhasil mengendalikan kondisi ekonomi, sosial, dan politik Indonesia," kata Global Market Economist, Myrdal Gunarto dalam diskusi webinar yang diselenggarakan oleh Indigo Network, ditulis Kamis (13/1/2022).

Untuk itu dia berharap agar ke depannya, Indonesia dapat dipimpin oleh seorang pemimpin seperti Jokowi. 

​​​​​​"Karena sudah terlihat kinerjanya selama masa jabatannya,” tandasnya.

Tidak jauh berbeda, Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti Dr. Radian Syam mengatakan, masyarakat masih membutuhkan sosok pemimpin yang menjalankan strategi seperti yang dilakukan Jokowi, yakni pemimpin yang suka melakukan blusukan.

Makanya dia pun mendorong pemerintah, DPR dan KPU, Bawaslu, DKPP untuk segera menetapkan tanggal Pemilu, agar kemudian KPU dan Bawaslu dapat segera membuat PKPU dan Perbawaslu.

"Karena pemilu sudah di depan mata, dan ini akan menjadi pesta demokrasi yang sangat terbesar bagi Indonesia dimana Pilpres, Pileg dan Pemilihan Gubernur, Walikota Bupati akan diadakan dalam satu tahun yang sama," ujar Radian yang juga Direktur Eksekutif Indigo Network ini.

Perlu diketahui, baru-baru ini, Direktorat Jenderal Pajak melaporkan capaian pajak akhir tahun 2021 telah menyentuh angka 1.231.87 triliun. 

Terkait itu, praktisi ekonomi Indigo Network, Ajib Hamdani menjelaskan, kabar capaian tersebut membuka pintu harapan untuk masyarakat Indonesia terutama bagi para kandidat pemimpin terpilih Indonesia di 2024 agar dapat memulihkan kondisi ekonomi di masa depan.

Sebagai informasi, berdasarkan laporan Global Economic Prospects dari Bank Dunia yang dirilis belum lama ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai 5.2 persen pada tahun 2022.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan proyeksi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 mencapai 5.1 persen.

Pertumbuhan ekonomi yang jauh lebih tinggi dari tahun 2021 (3.7 persen) itu diakui terjadi seiring dengan adanya penguatan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar