Jelang Nataru, Harga Sembako Pasar Grogol Naik

Harga sembako meroket jelang natal dan tahun baru di pasar Grogol Jakarta barat / Aditya Prabowo

KBRN, Jakarta: Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga kebutuhan pokok atau sembako di Pasar Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat mulai merangkak naik.

“Ada kenaikan terutama di cabai sekarang di harga 60 ribu per kg," kata Asih pedagang di Pasar Grogol saat ditemui RRI.co.id, Kamis (9/12/2021).

Asih mengatakan, sejauh ini belum diketahui penyebab kenaikan, namun diduga karena faktor cuaca, sehingga ada kendala dalam pendistribusian.

“Mungkin karena hujan jadi stok-stok jadi terhambat," tambah Asih.

Misalnya semua jenis varian bawang. Mulai dari bawang merah, putih, dan bombay, sejak sepekan lalu harganya sudah naik.

Bawang merah yang sebelumnya seharga Rp17 ribu per kilo, sekarang naik menjadi Rp22 ribu per kilo.

Sementara itu harga minyak goreng eceran naik cukup signifikan menjadi Rp40 ribu per dua liter. Padahal sebelumnya seharga Rp12 ribu per liter.

"Untuk harga bawang sih naik sedikit terus untuk minyak dari bulan kemarin harganya terus naik sekitar Rp21 ribu per liter," ujarnya.

Sejumlah pedagang mengeluhkan kenaikan bahan pokok ini terlebih lagi di masa pandemi covid-19 dan sebentar lagi akan libur nataru.

Permintaan untuk kebutuhan pokok akan meningkat mendekati hari libur. Namun demikian masyarakat tetap membeli kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar