Cuaca Ekstrem Penyebab Harga Cabai Tangerang Meroket

Pedagang Cabai di Pasar Anyar Kota Tangerang

KBRN, Tangerang: Direktur Utama PD Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyati mengatakan, harga cabai merah keriting dan telur ayam naik menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, kerena  beberapa faktor. 

Menurutnya, cuaca dan permintaan yang banyak menjadi penyebabnya. 

"Cabai naik karena cuaca ekstrem serta banjir yang melanda, jadi distribusinya kurang bagus sehingga ada kenaikan harga," ujarnya kepada rri.co.id, Kamis (18/11/2021). 

Menurut Titien, sebelumnya harga cabai merah keriting sempat stagnan. Namun, dengan adanya cuaca buruk membuat harga merangkak naik. 

"Padahal harga cabai sempat normal dan bahkan turun dari harga biasanya. Sekarang merangkak naik lagi. Mungkin ini karena cuaca saat ini yang lagi kurang bagus," jelasnya. 

Sedangkan untuk kenaikan harga telur ayam, Titien menjelaskan, adanya permintaan yang cukup banyak dari pembeli. Sehingga dengan kondisi tersebut, membuat harga melambung tinggi. 

"Yah itu kan karena permintaannya banyak. Kalau dulu kan sempat naik, terus kemudian turun karena distribusinya naik lagi. Kalau menurut saya itu permintaan banyak, terus pasokannya berkurang," jelasnya. 

Titien menambahkan, hingga kini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk menstabilkan harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2022. 

"Harga cabai karena dengan kondisi seperti ini biasanya sih kita koordinasi dengan Dinas Industri Perdagangan Koperasi UKM Kota Tangerang, apakah ada ketahanan pangan atau apakah nanti ada operasi pasar. Nanti ada langkah-langkahnya," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar