Kenali Laporan Keuangan dan Manfaatnya

KBRN, Jakarta: Hingga saat ini, beberapa orang atau bahkan pengusaha belum mengerti betapa pentingnya laporan keuangan dalam usaha. Hal ini berdampak pada usaha yang dijalankan yakni kurangnya informasi keuangan sehingga mengakibatkan masalah pada perusahaan.

Laporan keuangan ini gunanya untuk hal yang bermacam-macam. Dalam sebuah perusahaan, informasi ini bertujuan untuk meninjau atau mengukur seberapa jauh performa dan kondisi keuangan perusahaan. Dengan melihat informasi laporan keuangan, adapun seorang investor juga dapat menentukan pilihan untuk melanjutkan investasi atau tidak. Di zaman modern ini telah hadir sejumlah aplikasi untuk mengatur keuangan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Pada artikel ini, akan dijelaskan pengertian laporan keuangan, manfaat, tujuan, hingga laporan keuangan untuk usaha-usaha tertentu.

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan, adalah beberapa laporan yang digunakan untuk meninjau informasi mengenai kondisi keuangan. Pada sebuah perusahaan, informasi keuangan ini biasa disebut dengan laporan keuangan perusahaan, yang berarti beberapa laporan yang memberi laporan informasi keuangan suatu perusahaan.

Informasi ini biasanya dibuat oleh bagian atau seseorang yang ahli dalam bidang keuangan di sebuah perusahaan dalam sebuah periode waktu tertentu. Laporan ini begitu penting artinya, teruntuk bagi beberapa pihak yang memiliki hubungan langsung dengan perusahaan, salah satunya investor.

Seorang investor yang menanamkan investasi pada sebuah perusahaan mutlak guna mempelajari laporan keuangan dari perusahaan itu. Hal ini memiliki tujuan supaya investor tersebut dapat mengenal kondisi dan performa dari sebuah perusahaan, dilihat dari kacamata finansial.

Pada laporan tersebut ada sejumlah informasi mengenai kondisi keuangan yakni laba dan rugi hingga adanya informasi perubahan keuangan sebuah perusahaan. Informasi ini memang punya dampak yang sangat besar sehingga dapat membuat sang investor mau melakukan investasi atau sebaliknya menghentikan investasi pada perusahaan tersebut.

Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan

Adapun manfaat dari laporan keuangan bagi sebuah perusahaan secara detailnya adalah sebagai berikut.

* Menampilkan informasi dari kondisi dan perkembangan keuangan yang berkaitan dengan perseorangan atau sebuah organisasi/perusahaan yang bertujuan untuk menjadi bahan pertimbangan guna mengambil keputusan yang tepat dan akurat.

* Memberikan informasi penting bagi manajemen perusahaan.Menetapkan hak bagi setiap pihak yang memiliki wewenang penting dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal maupun eksternal.

* Mengawasi dan mempertahankan berbagai macam kegiatan yang terjadi pada sebuah perusahaan.

* Membantu sebuah perusahaan dalam mencapai target yang telah ditetapkan.Membantu sebuah perusahaan mengetahui laba/keuntungan yang diperoleh.

* Mempermudah perusahaan dalam menghitung dan menentukan hak dari setiap pihak internal dan eksternal yang terlibat didalamnya.

* Menyediakan informasi yang berguna bagi manajemen.Mengelola dan mengawasi aktvitas dalam perusahaan.

* Memberi kemudahan dalam pencapaian target yang telah ditetapkan.

Contoh dan Jenis-Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Membahas tentang laporan keuangan, tentu beberapa orang ada yang belum mengetahui jenis-jenis laporan keuangan. Dari berbagai jenis laporan keuangan ini, tentu masing-masing memiliki peran sendiri yang begitu penting bagi setiap perusahaan.

Adapun berikut ini adalah jenis laporan keuangan.

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau yang bisa disebut dengan profit and loss statement merupakan sebuah salah satu laporan keuangan yang memiliki berperan penting yakni untuk memberikan informasi apakah perusahaan mengalami untung ataupun rugi.

Dari laporan laba rugi, bisa melihat kinerja perusahaan serta sebagai evaluasi manajemen guna keputusan selanjutnya. Bukan hanya manajemen internal saja yang membutuhkan laporan ini, investor dan pihak bank juga membutuhkan informasi ini sebagai alat ukur dalam urusan keuangan.

2. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau yang biasa disebut cash flow merupakan laporan yang memiliki tujuan untuk menampilkan informasi keluar masuknya uang pada sebuah perusahaan. Laporan ini bisa menjadi indikasi untuk memperkirakan arus kas di masa mendatang berdasarkan laporan saat ini.

3. Perubahan Modal

Laporan perubahan modal menampilkan informasi perubahan dalam segi modal, baik berupa peningkatan maupun pengurangan jumlah modal masing-masing pemegang saham. Ketika awal perusahaan berdiri, investor yang selaku penanam modal di sebuah perusahaan pasti menyetor modal untuk usaha.

4. Laporan Neraca

Yang dianggap sebagai laporan penting adalah laporan neraca atau balance sheet, merupakan laporan keuangan untuk menampilkan informasi posisi dan informasi keuangan dalam satu periode. Melalui laporan keuangan neraca, semua informasi data yang berhubungan dengan aset perusahaan, kewajiban, dan modal dapat disajikan secara terinci.

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Salah satu jenis kategori usaha yang dibilang mudah dijalankan adalah perusahaan dagang. Karena operasional yang dilakukan sebatas membeli barang dagangan kemudian menjualnya kembali tanpa mengubah bentuk barang tersebut.

Dasarnya laporan perusahaan dagang sama seperti perusahaan pada umumnya. Namun yang membedakan adalah elemen-elemen atau jenis akun yang masuk dalam laporan keuangan tersebut.

Laporan Keuangan Perusahaan

1. Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Produk yang berada di sekitar kita seperti smartphone, berasal dari perusahaan manufaktur. Bisa dibilang perusahaan ini cukup besar jika dibanding dengan perusahaan umumnya.

Untuk laporan perusahaan manufaktur, nilai yang penting adalah nilai persediaan dan pembelian barang berada pada beberapa komponen, yaitu persediaan bahan baku, bahan pendukung, pembelian, persediaan ketika proses produksi, persediaan barang jadi hingga harga pokok penjualan, serta akuntansi biaya.

2. Laporan Keuangan Perusahaan TBK

Perusahaan tbk (publik) merupakan perusahaan yang biasanya menjual sahamnya pada masyarakat yang memiliki tujuan yakni sebagai salah satu cara perusahaan guna memenuhi kebutuhan dana yang besar untuk peningkatan usahanya.

Laporan Keuangan Tbk (terbuka) ialah laporan keuangan yang disediakan oleh emiten atau perusahaan publik, baik itu laporan keuangan satu entitas maupun Laporan Keuangan Konsolidasian.

Format Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan biasanya dibagi menjadi beberapa jenis dan format. Adapun di antaranya adalah laporan laba rugi dengan format multi step dan single step, lalu laporan arus kas dengan format atau metode langsung dan tidak langsung.

1.Format Laporan Laba Rugi

Multiple step, merupakan proses pemisahan pendapatan operasional dengan pendapatan non-operasional, begitu juga dengan beban operasional dan beban non-operasional.

Single step, dibuat dengan proses menggabungkan seluruh penjualan terlepas dari kategori operasional dan nonoperasional. Selain itu juga berlaku untuk akun beban yang mana perbedaan antara pendapatan dan beban akan menunjukkan total laba atau rugi perusahaan.

2. Format Laporan Neraca

Untuk laporan neraca, ada dua jenis format atau bentuk yang dapat digunakan oleh banyak perusahaan yaitu bentuk skontro dan bentuk vertikal.

Bentuk skontro atau juga bisa disebut dengan account form yakni bentuk neraca yang mengelompokkan akun-akun secara horizontal. Artinya, kelompok aktiva berada di sebelah kiri, sedangkan ekuitas dan hutang berada di kolom kanan. Namun untuk bentuk vertikal adalah kebalikan dari bentuk skontro.

Kesimpulan

Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan untuk menampilkan informasi dari kondisi dan perkembangan keuangan yang berkaitan dengan perseorangan atau sebuah organisasi/perusahaan yang bertujuan untuk menjadi bahan pertimbangan guna mengambil keputusan yang tepat dan akurat.

Sebaiknya dalam membuat laporan keuangan perusahaan, gunakan aplikasi untuk mengatur keuangan yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemantauan data secara real-time. Hal ini akan sangat penting mengingat sebagai seorang pebisnis, Anda harus memiliki kuasa penuh atas usaha yang dijalankan. Kapanpun dan di manapun, situasi keuangan perusahaan harus tetap bisa dipantau. Termasuk laporan profit margin dan jumlah piutang agar perusahaan dapat merencanakan strategi bisnis dengan lebih efektif dan efisien.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi untuk mengatur keuangan. Anda juga harus pintar dalam memilih aplikasi yang cocok untuk usaha Anda. Anda juga bisa memilih Jurnal by Mekari karena fitur lengkap yang bisa Anda dapatkan.

Anda bisa coba dulu aplikasi untuk mengatur keuangan Jurnal by Mekari untuk melihat bagaimana cara kerjanya secara gratis. Jadi Anda bisa mengecek semua aktivitas di perusahaan dengan sekali klik dari mana saja dan kapan saja. Selamat mencoba!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00