FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Kalibaru, Dagangan UMKM Warga Diborong Pejabat

Warga Kalibaru antre untuk vaksinasi dan menerima bantuan sosial berupa sembako. Uniknya, semua sembako itu dibeli oleh pejabat maupun ASN Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta maupun APINDO, dari warung-warung kecil milik warga Kalibaru di sekitar lokasi vaksinasi, yang tentunya sangat terdampak pandemi selama ini (Ryan Suryadi/RRI)

KBRN, Jakarta: Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) DKI Jakarta berkolaborasi menggelar vaksinasi bagi seribu peserta di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 53 Jakarta, Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (13/10/2021). 

Selepas itu, sebagai wujud gotong royong di era pandemi, para pejabat Kejati hingga ASN yang hadir, beserta pengurus dari APINDO, memborong beragam produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milik warga Kalibaru di sekitar lokasi vaksinasi.

Para pejabat Kejati, APINDO dan Kotamadya Jakarta Utara

“Sangat berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi sebelumnya, ini ada pemberdayaan pelaku UMKM setempat dengan membeli produk dagangannya untuk diberikan kepada peserta vaksin. Ini sebagai upaya mendukung kebangkitan para pelaku usaha yang pada masa pandemi Covid-19 sangat terdampak terhadap penurunan omset dan pendapatan,” kata Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, saat ditemui wartawan di SMPN 53 Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Rabu (13/10/2021).

Terlepas dari itu, turut disampaikan pula, bahwa 76,10 persen atau 1.110.872 dari target 1.459.664 warga Jakarta Utara ber-KTP DKI Jakarta telah divaksinasi. 

Vaksinasi dan bakti sosial yang diselenggarakan Kejati DKI Jakarta dan APINDO DKI Jakarta akan menambah capaian vaksin di Kelurahan Kalibaru yang saat ini baru mencapai 68,70 persen.

BACA JUGA: Vaksinasi Masuk Kalibaru, Seribuan Warga Mendaftarkan Diri

“Dari 31 kelurahan di Jakarta Utara, lima kelurahan sudah mencapai diatas 80 persen, 25 kelurahan diatas 70 persen dan satu kelurahan belum mencapai 70 persen yakni di Kelurahan Kalibaru. Sehingga sangat tepat sekali pemilihan lokasi di Kelurahan Kalibaru ini,” jelasnya.

Di Lokasi yang sama, Kepala Kejati DKI Jakarta, Febrie Andriansyah menerangkan, memborong produk UMKM di sekitar lokasi vaksinasi merupakan inisiatif dalam membantu roda perekonomian Pedagang Kaki Lima (PKL).

Produk yang diborong diberikan kepada peserta vaksinasi sebagai upaya menarik minat mengikuti vaksinasi.

“Tadi kami perintahkan kepada jajaran kalau ada donatur atau siapapun dari APINDO yang memiliki rejeki berlebih memborong dagangan PKL. Hasilnya dibagikan kepada peserta vaksinasi. Untuk vaksinasi targetnya ada seribu peserta dan kami juga memberikan bingkisan bagi mereka untuk menarik minat divaksinasi,” tambahnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00