Human Capital Faktor Terpenting Keberlangsungan Perusahaan

Chief Human Capital Officer PT Link Net Tbk, Yosafat Hutagalung, saat menerima penghargaan dari IHCA-VII-2021. (Istimewa).jpeg

KBRN, Jakarta: Chief Human Capital Officer PT Link Net Tbk, Yosafat Hutagalung mengungkapkan, bahwa budaya ‘I AM First Squad’ dan Human Capital (HC) merupakan faktor terpenting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan.

Menurut Yosafat, hal itu terbukti dengan prestasi PT Link Net Tbk yang kembali meraih dua penghargaan sekaligus di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) di ajang Indonesia Human Capital Award VII-2021 (IHCA-VII-2021) berskala nasional bertajuk ‘Managing People Collaboration through HC Data Analytics & Technology Savvy in Complex Era’ yang diselenggarakan secara hybrid oleh Economic Review di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

“Kami yakin budaya dan Human Capital adalah faktor terpenting dalam membangun eksistensi dan keberlanjutan perusahaan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Dalam acara penganugerahan IHCA-VII-2021, Link Net menerima penghargaan sebagai 2nd The Best Indonesia Human Capital 2021 dengan predikat Platinum – A – Very Excellence untuk kategori Non Finance – Public Company dan The Best Indonesia Human Capital Director 2021 in Innovation & Digital Human Capital.

“Strategi Human Capital yang kami terapkan telah menjadikan Link Net sebagai ekosistem terbaik bagi seluruh talent dan leader untuk bekerja dan berkarya. Dengan budaya perusahaan I AM First Squad yang mengandung delapan nilai utama, seluruh First Squad memiliki peluang untuk tumbuh dan mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya dengan optimal,” ujar Yosafat.

Selain itu, budaya ‘I AM First Squad’ dan strategi HC Link Net juga difokuskan untuk mendorong pertumbuhan PT Link Net Tbk, sehingga dapat menjadi perusahaan yang terbaik dalam industri teknologi, serta dapat terus berkontribusi pada kemajuan Indonesia.

“First Squad merupakan identitas seluruh karyawan PT Link Net Tbk. Kesiapan dan kualitas mereka menjadi kunci kesuksesan Link Net dalam menentukan respon yang tepat, akurat untuk menghadapi berbagai disrupsi teknologi dan digital, sekaligus menjawab tantangan serta kebutuhan konsumen melalui solusi layanan dan produk inovatif. Dengan begitu, Link Net pun dapat terus menciptakan kinerja perusahaan yang terbaik,” kata Yosafat.

Lebih lanjut, Yosafat menjelaskan, First Squad juga dipersiapkan untuk mampu mengelola dan membangun komunikasi, kolaborasi dan sinergi melalui digitalisasi pengelolaan HC dan interaksi kerja. Digitalisasi yang diterapkan tetap mengacu pada nilai-nilai utama dengan tujuan penguatan adopsi budaya kerja perusahaan. Link Net percaya, pemanfaatan ruang digital akan semakin memperkuat interaksi First Squad.

Kemampuan untuk berinovasi dan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital adalah bagian dari skill yang dibutuhkan di era Industri 4.0. Peningkatan kemampuan ini dilakukan secara sistematis melalui berbagai inisiatif program, aktivitas dan pelatihan yang memanfaatkan perangkat atau aplikasi digital untuk menciptakan ekosistem digital inklusif bagi karyawan dan perusahaan.

Beberapa digitalisasi program yang Link Net hadirkan yaitu PeX (Purposeful Experience) berupa program pengembangan dan peningkatan kompetensi First Squad; Performance Management System-First Squad Impact atau aplikasi pengelolaan kinerja First Squad; First Squad Connect, aplikasi yang memberikan ruang digital bagi seluruh First Squad untuk berkomunikasi dan berkolaborasi, serta aplikasi online assessment.

Melalui strategi HC dan berbagai implementasi inilah yang membuat Link Net meraih penghargaan di ajang IHCA-VII-2021. Indonesia Human Capital Award merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Economic Review untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah berhasil mencetak SDM atau talenta-talenta terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan di tengah kondisi dan persaingan bisnis saat ini.

Penjurian dan penilaian IHCA-VII-2021 meliputi aspek Performance Management, Culture Integration, Human Capital Architecture, HR Technology, Business Innovation, Learning Innovation, Organization Capabilities, Talent Acquisition & Retention, Employee Engagement, HR Contribution to Community dan HR Director.

“Saya pribadi sekaligus mewakili perusahaan berterimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh dewan juri dan penyelenggara IHCA-VII-2021. Prestasi membanggakan ini memotivasi kami menjadi lebih baik lagi ke depannya, dan semakin mendorong Link Net untuk terus membangun talenta-talenta yang kompeten, adaptif dan berdaya saing,” ungkap Yosafat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00