Penanganan Limbah B3 di DKI

KBRN, Jakarta: Limbah B3 menjadi masalah serius DKI Jakarta di masa pandemi Covid-19.

Sebab, butuh penanganan serius dalam mengatasi limbah B3 di DKI Jakarta, khususnya limbah vaksin dan juga tes usap. 

PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk para pekerja Dinas Lingkungan Hidup yang ada di lapangan. 

"Hari ini kita menyerahkan bantuan berupa masker, plastik sampah kemudian sarung tangan untuk teman-teman di lapangan semua Dinas LH yang sudah menbantu kita semua menangani limba Covid-19," ujar Humas PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) Arum Pusposari, saat ditemui di kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Senin (27/9/2021). 

Dikarenakan, kawasan Rumah Susun dan Fasilitas DKI Jakarta masih banyak limbah b3 bekas penanganan covid-19 untuk masyarakat. 

Arum menyabut, sebanyak, 700 item APD dan 1.200 plastik pun di bagikan langsung untuk pekerja lapangan Dinas Lingkungan Hidup. Pihak PT PPLI membantu Dinas Lingkungan Hidup DKI di karenakan isu Covid-19 yang tidak hanya menjadi isu pribadi. 

"Kami sempat sampaikan isu Covid-19 itu tidak hanya isu pribadi atau 1 perusahan, 1 kelompok. Ini kan isu negara setidaknya ini yang bisa kita lakukan untuk membantu negara dalam hal ini Dinas LH DKI untuk bisa bepreran memerangu pandemi Covid-19 jelas Arum. 

Sementara itu Kepala Seksi Pengolahan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup DKI, Rosa Ambarsari mengatakan, pihaknya tidak pernah mengetahui kapan pandemi ini akan berakhir. 

" Kita enggak pernah tahu kemarin di pertengahan tahun akhirnya terjadi lonjakan yang sangat tinggi. Dimana kita sebenarnya juga tidak terlalu siap untuk menangani limbah yang tiba-tiba banyak dari tempat isolasi maupun dari rumah tangga," ujar Rosa saat ditemui.

Menurut Rosa dari ketidak siapkan tersebut pihaknya menyiapkan diri untuk menangani limbah b3 yang ada di DKI Jakarta. Namun dengan penanganan limbah yang benar. 

"Pemprov pada saat di bulan Juni-Juli memang sudah mulai menggiatkan kolaborator-kolaborator untuk berkontribusi. Banyak banget perusahaan-perusahaan diluar sana, memang akhirnya kita meminta bantuan, salah satunya PPLI," ungkap Rosa. 

" Alhamdulillah bantuan itu sudah sampai hari ini dan ini sangat berguna bagi petugas petugas kebersihan kami yang ada di lapangan menangani limbah medis dari rumah tangga maupun tempat isolasi," tambah Rosa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar