Indonesia Tampilkan Keunggulan di Perdagangan Expo Dubai

KBRN, Jakarta : Indonesia akan menampilkan keunggulannya dalam ajang pameran dagang dunia Expo 2020 Dubai yang akan berlangsung dari 1 Oktober 2021 – 31 Maret 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab. 

Keikutsertaan Indonesia dalam pameran dagang dunia kali ini, mengusung tema “Creating the Future, From Indonesia to The World” mewakili tujuan Indonesia mengikuti pameran tersebut untuk memperkuat potensi Nusantara di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata ke mata dunia. Untuk itu, Indonesia membangun paviliun seluas 1.860m2 untuk menampilkan miniature Tanah Air.

“Keikutsertaan Indonesia dalam perhelatan Expo 2020 Dubai ini menjadi kesempatan emas karena mendatangkan banyak manfaat untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dalam pernyataannya, Senin (20/9/2021).

Selain potensi perdagangan, partisipasi Indonesia dalam Expo 2020 Dubai juga diharapkan dapat menarik peluang investasi dengan mengenalkan berbagai peluang investasi di Indonesia, mulai dari realisasi industri 4.0, proyek strategis nasional, serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis industri dan pariwisata.

“Ini adalah momen yang tepat untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik dengan didukung oleh kesiapan infrastruktur pendukung, reformasi birokrasi dan regulasi, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),” tukas Didi.

Didi yang juga merupakan Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai menambahkan,  Expo 2020 Dubai menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memperkuat visi Indonesia menjadi negara dengan perdagangan terkuat ke-10 di tahun 2045 dengan pangsa pasar sebesar 2 persen.

Paviliun Indonesia akan memamerkan lebih dari 300 produk UMKM siap ekspor termasuk komoditas, kerajinan tangan, interior, tekstil hingga produk fesyen. Produk lokal yang merupakan kebanggaan yang berasal dari keberagaman budaya dan kearifan lokal Indonesia tersebut akan tampil di Pameran Warisan Nusantara di Paviliun Indonesia. Selain itu, potensi rempah-rempah, produk turunan berbahan dasar kelapa sawit, hingga warisan kuliner juga akan dipamerkan di Expo 2020 Dubai.

“Selama enam bulan penyelenggaraan pameran, Paviliun Indonesia akan menghadirkan 26 tema mingguan dan lebih dari 75 forum bisnis. Seluruh kegiatan di Paviliun Indonesia didukung oleh 22Kementerian dan lembaga serta 8 Pemprov,” ujar Didi.

World Expo merupakan ajang ke-3 terbesar di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Setelah sempat tertunda di tahun 2020 akibat pandemi, Expo 2020 Dubai digelar tahun ini dan diikuti 192 negara dari seluruh dunia. Bagi Indonesia, partisipasi di Expo 2020 Dubai merupakan yang ke-8 dari keikutsertaan di World Expo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00