Ini Keresahan Pelaku UMKM Jatim Selama Pandemi

Gubernur Khofifah tinjau stan UMKM (Foto: Anik RRI)

KBRN, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi stand Koperasi dan UMKM Expo, di Grandcity Mall Surabaya. Selain memborong produk UMKM, Gubernur Khofifah juga mendengarkan keluh kesah para pelaku UMKM. 

Menilik hampir setiap stan UMKM, Gubernur Khofifah mendapatkan respon positif dari para pengrajin. Mereka mengaku expo ini membantu tidak hanya dari segi penjualan, tetapi juga memperluas akses pasar, lantaran pesertanya juga dari luar Provinsi. 

"Saya kan ingin mendengarkan langsung dari pelaku UMKM-nya bagaimana respon masyarakat atas Expo ini. Dari ujung ke ujung sih, yang saya tanya, Alhamdulillah, pasarny sudah kelihatan bergerak gitu lalu ada sektor makanan," ujarnya, Minggu (19/9/2021). 

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga bertanya kepada pelaku UMKM terkait dengan pemberlakuan PPKM darurat, kemudian berlanjut ke PPKM berlevel. Mereka mengaku turut berimbas pada pemasaran, terlebih yang tidak menerapkan penjualan online. 

"Rata-rata yang tidak melakukan perdagangan secara online mereka terdampak. Apalagi yang kerupuk-kerupuk krispi itu terdampak sampai 80 persen," tuturnya.

Bagi pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan penjualan secara online, Gubernur Khofifah mengungkapkan, pangsa pasarnya bisa sampai luar negeri. Oleh karenanya, khusus untuk produk makanan dan minuman, agar melengkapi berbagai persyaratan yang diperlukan. 

"Pastikanlah tanggal produksinya dicantumkan, tanggal expirednya dicantumkan, pastikan itu PIRTnya, kemudian ada sertifikasi halal dan untuk mamin karena itu memudahkan mereka mengakses pasar secara online," terangnya. 

"Jadi kalau nggak kita tanya mumpung ketemu begini nanti kita cuma gambaran paling kira-kira dan seterusnya, atau saya tanya panitia. Tapi kalau ini saya sudah punya gambaran bahwa respon masyarakat sudah mulai bagus," pungkasnya.

Selama kurang lebih dua jam, Gubernur Khofifah keliling stan UMKM di hari terakhir pameran. Mulai dari stan kain batik, baju batik, hingga makanan dan minuman, seperti keripik, cemilan, dan sambal. 

Tampak Gubernur Khofifah memborong satu persatu produk dari para pengrajin yang sudah mengikuti pameran selama 5 hari tersebut. Pelaku UMKM mengaku senang dan bersyukur mendapat kunjungan dari orang nomer satu di Jatim, bahkan produknya diminati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00