Hingga Juli, Vaksinasi Capai 63.94 Juta Dosis

KBRN, Jakarta : Indonesia akan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi global sambil terus mewaspadai perkembangan varian delta Covid-19.

"Indonesia ke depan akan terus fokus pada upaya pengendalian pandemi, melindungi kesejahteraan masyarakat dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, serta terus meningkatkan daya saing. Dengan adanya ancaman dari varian Delta, Indonesia terus memperkuat kebijakan di sisi kesehatan dan perlindungan sosial," tukas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu, Rabu (28/7/2021).

Saat ini pemerintah telah melonggarkan aktivitas ekonomi meski masih memberlakukan perpanjangan PPKM Level IV hingga 2 Agustus 2021. Untuk mencapai herd immunity, pemerintah juga mempercepat vaksinasi, memperkuat 3T, dan mendorong disiplin 5M. Sementara itu, untuk membantu masyarakat terdampak di tengah penerapan kebijakan PPKM,  program perlindungan sosial dan dukungan bagi UMKM diperluas dengan mengupayakan percepatan penyalurannya. 

"Indonesia harus dapat belajar dari pengalaman berbagai negara dalam kurun waktu 1.5 tahun terjadinya pandemi, dimana pemulihan akan terjadi apabila diiringi dengan penanganan kesehatan yang tepat," ujarnya.

Ditegaskannya, pandemi Covid-19 telah memberikan ketidakpastian yang sangat tinggi terhadap ekonomi. Kehati-hatian, disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi menjadi kunci pengendalian kasus Covid-19. Di level dunia, upaya mengatasi eskalasi varian delta Covid-19 dilakukan dengan menjamin akses vaksin yang merata ke seluruh negara.

Indonesia saat ini menargetkan vaksinasi harian di tingkat 1.5 juta dosis, dan akan terus ditingkatkan secara gradual. Per 27 Juli 2021, total kumulatif vaksin yang telah diberikan pada masyarakat mencapai 63.94 juta dosis. Pemerintah juga memastikan jumlah vaksin tersedia agar percepatan vaksinasi dapat dilaksanakan sesuai target. 

"Ke depan, Pemerintah tetap bekerja keras untuk terus melakukan percepatan vaksinasi agar pelaksanaannya konsisten sesuai dengan target yang ditetapkan. Melalui kebijakan pengetatan serta berbagai upaya yang dilakukan di bidang kesehatan, Indonesia diharapkan dapat mengatasi lonjakan pandemi Covid-19, sehingga proses pemulihan ekonomi pun dapat berjalan dengan baik," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00